PERBEDAAN PENGETAHUAN ANTARA SUAMI DENGAN IBU PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III TENTANG TANDA-TANDA PERSALINAN DI MALANG

Eka Miftakhul Jannah, Wandi Wandi, Wiwik Agustina

Abstract

Latar belakang: Sangatlah penting bagi suami dan ibu primigravida trimester III mengetahui tanda-tanda persalinan karena kematian ibu pada  masa kehamilan maupun saat atau setelah persalinan di dunia masih sangat tinggi hingga saat ini.

Tujuan penelitian : Untuk mengetahui perbedaan pengetahuan antara suami dengan ibu primigravida triemster III tentang tanda-tanda persalinan.

Metode : Desain penelitian yang digunakan analitik observasional dengan pendekatan cross sectional, populasi semua ibu primigravida trimester III dan suami yang periksa di BPM “SR” dengan jumlah 20 orang untuk suami dan 20 orang untuk ibu primigravida trimester III. Teknik sampling menggunakan total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah uji Mann Whitney dengan SPSS.

Hasil penelitian: Menunjukkan bahwa pengetahuan suami dan  ibu primigravida trimester III sebagian besar dalam kategori tidak baik dan menurut hasil uji Mann Whitney terdapat perbedaan pengetahuan antara suami dengan ibu primigravida trimester II tentang tanda-tanda persalinan.

Simpulan : Hal utama yang membedakan pengetahuan antara suami dengan ibu primigravida adalah sumber informasi, didapatkan ibu lebih banyak memperoleh informasi daripada suami. Sebagian besar suami tidak menemani istrinya untuk kunjungan antenatal. Diharapkan suami bisa meluangkan waktu di hari sabtu maupun minggu untuk menemani istrinya untuk kunjungan antenatal. 

 

Keywords

Ibu primigravida trimester III; suami; pengetahuan; tanda-tanda persalinan

Full Text:

PDF

References

WHO. Maternal Mortality.

Available at: https://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/maternal-mortality; 2018.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017; 2018.

Widoyo R. Peningkatan Peran Suami dalam Kesehatan Ibu dan Anak Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 9(2), 2015. pp. 63–64.

Ayushita L. Super Lengkap Tips Sehat dan Cerdas Seputar Kehamilan dan Persalinan. Yogyakarta: Araska. 2014.

Muthoharoh H. Hubungan Pengetahuan Ibu Primigravida dengan Kesiapan Ibu dalam Menghadapi Persalinan di Wilayah Kerja Puskesmas Deket Kabupaten Lamongan. 7(1), 2018 pp. 40–46.

Wahit MI. Promosi Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika; 2011.

Fritasari D. Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Primigravida Tentang Tanda-Tanda Persalinan di BPS Dyah Sumarmo Desa Tanjungsari Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Surakarta; 2013.

Montung VL. Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Ibu Hamil Trimester III dalam Persiapan Persalinan. Jurnal Ilmiah Bidan, 4(1); 2016. pp. 44–49.

Pruthi N, Bacchani S, Singh V. Knowledge, Attitude, and Practice Regarding Antenatal Care among Husbands Attending Antenatal Clinic in A Tertiary Care Hospital. 3(7); 2016. pp. 1741–1744. doi: http://dx.doi.org/10.18203/2394-6040.ijcmph20162035.

Hernanto FF. Pengetahuan Tentang Kehamilan, Dukungan Keluarga dan Kecemasan Ibu Primigravida Trimester III. Jurnal Psikologi Indonesia, 5(03); 2016. pp. 232–238.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.