MODEL PEMBERDAYAAN IBU BALITA TENTANG MP-ASI DI KELURAHAN WONOREJO KABUPATEN KARANGANYAR

Fresthy Astrika Yunita, Hardiningsih Hardiningsih, Agus Eka Nurma Yuneta

Abstract


Latar belakang: Lima tahun pertama usia emas seorang anak (Golden  Age) adalah masa yang sangat menentukan. Makanan pendamping ASI perlu di berikan balita usia 6 bulan, ASI bagi bayi tidak lagi mencukupi kebutuhan energi untuk tumbuh dan berkembang, tetapi selama pemberian makanan tambahan pada bayi ASI tetap di berikan pada balita. Masalah kesehatan dan sosial yang dihadapi Indonesia adalah rendahnya status gizi masyarakat Status Gizi balita menurut Rikesdas 2013 adalah 5,7% gizi buruk dan 13,9 % gizi kurang. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk melaksanakan model pemberdayaan  pada Ibu Balita tentang MP ASI di Kelurahan Wonorejo sehingga diharapkan ibu balita mampu mengembangkan pola asuh tentang pengetahuan Makanan Pendamping ASI.

Subjek dan Metode: Model pemberdayaan ibu balita tentang MP ASI ini dilakukan melalui koordinasi Bidan Koordinator di PKD kelurahan Wonorejo, kader dan personil yang terlibat dalam kegiatan posyandu untuk selanjutnya melakukan penyuluhan kepada ibu balita.

Hasil: Hasil pengabdian adalah telah dilaksanakan pemberdayaan MP ASI pada ibu balita di kelurahan wonorejo. Ibu balita mendapatkan pengetahuan tentang MP ASI dan beberapa contoh pengolahan menu MP ASI yang dapat diterapkan dirumah.

Kesimpulan: Diharapkan balita mendapatkan gizi yang cukup dengan penerapan MP ASI sesuai dengan tahapannya sehingga proses tumbuh kembang berjalan dengan baik dan normal sesuai perkembangan umurnya.


Keywords


Pemberdayaan; ibu balita; MPASI

Full Text:

PDF
rticle

References


United Nations Development Program. Human Development Report 2015 Work for Human Development. 2015. United Nations Development Programme 1 UN Plaza, New York, NY 10017. USA. 2015 (accessed on 20 January 2016).

SDKI (Survey Demografi dan Kependudukan Indonesia). Jakarta; 2012

WHO. Panduan pemberian ASI. 2001

Pranarka, A. M. W. and Priyono, Onny S. and Centre for Strategic and International Studies. Pemberdayaan : konsep, kebijakan, dan implementasi / Onny S. Prijono dan A.M.W. Pranarka, penyunting Centre for Strategic and International Studies Jakarta; 1996

Endang SS. Model dan teori perilaku kesehatan. 2016. Surakarta : UNS press




DOI: https://doi.org/10.20961/placentum.v7i1.26384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International 4.0 (CC BY-SA 4.0).