PENGARUH PENYULUHAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG POLA MAKAN BALITA DI DESA SAMBIREJO KECAMATAN MANTINGAN KABUPATEN NGAWI

Suci Arsita Sari, Widardo Widardo, Erindra Budi Cahyanto

Abstract


Latar Belakang: Status gizi menjadi salah satu indikator untuk menentukan derajat kesehatan anak. Pemberian gizi yang tidak tepat bagi balita dapat menyebabkan defisiensi nutrisi. Penyuluhan gizi menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang pola makan balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan gizi terhadap pengetahuan ibu tentang pola makan balita.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain quasi experiment dengan control group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di Desa Sambirejo, Mantingan, Ngawi pada awal bulan Mei 2016. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu balita sejumlah 70 responden yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji mann whitney.

Hasil Penelitian: Penelitian ini menunjukkan bahwa rerata skor pre-test dan post-test pada kelompok perlakuan sebesar 47,9 dan 83,9. Rerata skor pre-test dan post-test pada kelompok kontrol sebesar 56,3 dan 56,5. Selisih rerata skor pre dan post-test kelompok perlakuan sebesar 36, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan selisih rerata sebesar 0,2.

Simpulan Penelitian: Terdapat pengaruh penyuluhan gizi terhadap pengetahuan ibu tentang pola makan balita di Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi secara signifikan (nilai P = 0,001).


Keywords


Penyuluhan gizi; pengetahuan; ibu balita

Full Text:

PDF
rticle

References


Hidayat, A.A.A. 2008. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika, pp: 2 – 26.

Depkes RI, 2014. Pedoman Gizi Seimbang.

Thompson, J. 2003. Toddlercare : Pedoman Merawat Balita. Jakarta : Erlangga, pp: 61 – 5.

Meadow, R. 2005. Pediatrika. Jakarta : Erlangga, pp: 81 – 8.

Almatsier. 2010. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, pp: 311.

Riyanto, A. 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika, pp: 107-49.

Wawan dan Dewi. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika, pp: 11 – 6.

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta, pp:18 – 87.

Soekamto, S. 2004. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Raja Grafindo Persada, pp: 37.

Azwar, S. 2003. Sikap Manusia.Yogyakarta : Pustaka Pelajar, pp: 25 – 30.

Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta, pp: 27 – 144.

Sulistyoningsih. 2011. Gizi Untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Yogyakarta : Graha Ilmu, pp: 54 – 73.

Maulana, H. 2009. Promosi Kesehatan. Jakarta : EGC, pp: 13 – 243.

Fitriani, S. 2011. Promosi Kesehatan. Yogyakarta : Graha Ilmu, pp: 42 – 55.

Simamora, R. 2009. Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta : EGC, pp : 66 – 70.

Surya, H. 2009. Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta : Kelompok Gramedia, pp: 19.




DOI: https://doi.org/10.20961/placentum.v7i1.25684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International 4.0 (CC BY-SA 4.0).