PENGARUH PIJAT BAYI TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN DAN KUALITAS TIDUR BAYI DI PUSKESMAS JETIS YOGYAKARTA

Afroh Fauziah, Heny Noor Wijayanti

Abstract

Latar Belakang: Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 900/MENKES/SK/VII/2002 tentang Registrasi dan Praktek Bidan menyebutkan bahwa bidan berwenang memantau tumbuh kembang bayi melalui deteksi dini dan stimulasi tumbuh kembang. Salah satu bentuk stimulasi yang selama ini dilakukan oleh masyarakat adalah dengan pijat bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh  Pijat Bayi Terhadap Perubahan Berat Badan Dan Kualiatas Tidur Bayi Di Puskesmas Jetis, Yogyakarta.

Subjek dan Metode: Penelitian ini diilakukan di Puskesmas Jetis, Yogyakarta. Populasi dan sampel yaitu ibu yang memiliki anak usia 3-12 bulan sejumlah 33 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis univariabel dan bivariabel dengan uji statistik Fisher's Exact Test.

Hasil: Hasil yang didapatkan adalah tidak ada pengaruh antara Pijat Bayi terhadap kenaikan Berat Badan dan Kualitas Tidur Bayi. Harapannya dengan penelitian ini akan menciptakan solusi-solusi terhadap kendala-kendala yang umumnya terjadi dimasyarakat berguna untuk mendukung/ meningkatkan derajat kesehatan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Simpulan: Tidak ada pengaruh antara Pijat Bayi terhadap kenaikan Berat Badan dan Kualitas Tidur Bayi.

 

Keywords

Pijat Bayi; Kenaikan Berat Badan; Kualitas Tidur Bayi

Full Text:

Download PDF

References

Gola G (2009). Ayo Bangun! Dengan Bugar karena Tidur yang Benar. Jakarta: Hikmah

Roesli, Utami. (2013). Pedoman Pijat Bayi. Jakarta: Trubus Agriwidya.

Kemenkes RI. Kemenkes Nomor 900/MENKES/SK/VII/2002 tentang Registrasi dan Praktek Bidan. Jakarta: Kemenkes RI

Dasuki (2010). Pengaruh Pemijatan Terhadap Kenaikan Berat Badan dan Lama Tidur Bayi Usia 1 Sampai 3 Bulan. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara For Ikes vol II.

Persi (2008). Rangsang Pertumbuhan Bayi, Perlu Pemijatan Sejak dalam Kandungan (online). (http://baby.care.info)

Rosalina, Ina (2015). Fisiologi Pijat Bayi. Bandung : Trikarsa

Roth DE (2010). The Relationship Massage Infant with Pattern and Sleep in Infants. Journal of Pediatric. The University of Toledo Digital Repository.

Lee HK (2009). The Effects of Infant Massage on Weight, Height and Mother-Infant Interaction. Journal of Korean academy of nursing.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.