PERAN GURU PPKN DALAM PENINGKATAN DISIPLIN PESERTA DIDIK PASCA PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peran guru PPKn dalam penguatan disiplin peserta didik pasca pembelajaran jarak jauh; (2) Menemukan faktor penghambat guru PPKn dalam penguatan disiplin peserta didik pasca pembelajaran jarak jauh; dan (3) Mengetahui faktor pendukung guru PPKn dalam penguatan disiplin peserta didik pasca pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naratif. Penelitian ini dilakukan di SMA N 3 Klaten. Subjek penelitian yakni (1) Waka Kesiswaan; (2) Guru PPKn di SMA N 3 Klaten; dan (3) tiga Peserta didik kelas XI MIPA 1. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, dan dokumentasi dengan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik induktif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam menguatkan disiplin peserta didik di SMA N 3 Klaten termasuk menggunakan pola asuh Demokratis. Faktor penghambat dalam penguatan disiplin peserta didik yaitu keluarga yang kurang harmonis, beberapa guru masih memberikan toleransi terhadap peserta didik yang melanggar tata tertib, dan kesadaran peserta didik yang masih kurang. Faktor pendukung dalam penguatan disiplin peserta didik yaitu kemajuan teknologi, program kegiatan yang mendukung, dan komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua peserta didik.
Kata kunci: Disiplin, Guru PPKn, Pembelajaran Jarak Jauh
Abstract
This study aims to: (1) describe The role of PPKn teachers in strengthening the discipline of students after distance learning; (2) found Inhibiting factors of PPKn teachers in strengthening the discipline of students after distance learning; and (3) found supporting factors of PPKn teachers in strengthening the discipline of students after distance learning. This research is qualitative research. This research was conducted at SMA N 3. The subjects of the study were (1) Waka Kesiswaan, (2) PPKn teachers at SMA N 3 Klaten, and (3) Class XI MIPA 1 students. Data collection is carried out through interview, and documentation techniques with data validity checks using data triangulation. Data analysis in this study uses induktif techniques with steps data reduction, data presentation, and conclusion drawing and verification. The results of this study show that PPKn teachers in strengthening student discipline at SMA N 3 Klaten is democratic parenting Inhibiting factors in strengthening student discipline are families that are less harmonious, some teachers still provide tolerance for students who violate discipline, and student awareness is still lacking. Supporting factors in strengthening student discipline are technological advances, supportive activity programs, and communication between the school and parents.
Keywords: Discipline, Distance Learning, PPKn TeacherFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA Creswell, J. W., Clark, V. L., Gutmann, M. L., & Hanson, W. E. (2003). Advanced mixed methods research designs. Handbook of mixed methods in social and behavioral research, 209(240). Damri, & Putra, F. E. (2020). Pendidikan kewarganegaraan. Prenada Media. Hurlock, E. B. (1993). Perkembangan Anak. Erlangga. Lickona, T. (2013). Pendidikan karakter: panduan lengkap mendidik peserta didik menjadi pintar dan baik. Penerbit Nusa Media. Sugiyono. (2015). Metode penelitian & pengembangan. Alfabeta. Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena learning loss sebagai dampak pendidikan di masa Covid-19. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 5(1), 297-302. https://doi.org/10.30743/best.v5i1.5144 Zendrato, T. L. N., & Lase, B. P. (2022). Peran guru PPKn dalam menumbuhkan kesadaran diri siswa terhadap tata tertib sekolah. Educativo: Jurnal pendidikan, 1(1), 124-138. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.20 Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa. Jurnal Pekan: Jurnal pendidikan kewarganegaraan, 6(1), 104-115. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171
Refbacks
- There are currently no refbacks.