EFEKTIVITAS KEGIATAN DRAMA “STOP BULLYING” PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERSEPSI CIVIC DISPOSITION SISWA (STUDI DI SMA ISLAM 1 SURAKARTA)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan efektifitas kegiatan drama yang dilaksanakan oleh pihak sekolah yang diteliti dalam P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan (2) Mendeskripsikan implikasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) terhadap civic disposition siswa pada SMA Islam 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif studi kasus (Case Studies). Sumber data penelitian melibatkan informan (Kepala Sekolah SMA Islam 1 Surakarta, Guru PPKn, Guru BK, siswa kelas X, dan Tim Koordinator Pelaksana kegiatan drama). Sampling menggunakan snowball sampling dan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi pustaka, dan studi dokumen. Teknik uji validitas menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kegiatan pelaksanaan drama “stop bullying” dinilai efektif dalam menguatkan dimensi profil pelajar Pancasila dan berdampak pada civic disposition siswa yakni siswa mampu menanamkan rasa toleransi dan menghargai perbedaan agar kejadian bullying dapat diminimalisir dengan adanya kesadaran diri dalam siswa di SMA Islam 1 Surakarta.
Kata Kunci : Efektifitas Drama, implikasi civic disposition, profil pelajar Pancasila
ABSTRACT
This study aims to (1) describe the effectiveness of drama activities carried out by the school understudies of P5 (Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students) and (2) describe the implications of P5 (Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students) on the civic disposition of students SMA Islam 1 Surakarta. This research uses a qualitative case studies method approach (Case Studies). The source of the data involved informants (Principal of SMA Islam 1 Surakarta, PPKn Teacher, counseling guidance teacher, class X students, and the Coordinator Team for Drama Activities). Sampling using snowball sampling and purposive sampling. Data collection is carried out by interviews, observations, literature studies, and document studies. The validity test technique uses the technique of source triangulation and method of triangulation. Data analysis techniques use data collection, data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this studies are shows that the implementation of the drama "stop bullying" is considered to be effective in strengthening the dimension of global diversity and impact to the student civic disposition, namely, students can instill a sense of tolerance so that the incidence of bullying can be minimized by the self-awareness of students of SMA Islam 1 Surakarta.
Keywords: Drama effectiveness, civic disposition implications, Pancasila student profil
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA Alawiyah, F., & dan Pengembangan Pembangunan KEBIJAKAN DAN PENGEMBANGAN PEMBANGUNAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN, K. (2012). | 87 Policy and Development of Character Building Through Education in Indonesia. http://www. Bernard, C.I (1938). The Function Of The Executive. Cambridge, MA: Harvard University Press. Branson, M.S. (Eds). (1999). Belajar civic education dari Amerika. (Terjemahan Syarifudin, dkk) Yogyakarta: Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKIS) dan The Asia Foundation (TAF). Contessa Emilia & Huriyah Shofiyatul. PERENCANAAN PEMENTASAN DRAMA. (2020). CV BUDI UTAMA Ghozali Solchan. (2020).PENGEMBANGAN KARAKTER KEBHINEKAAN GLOBAL DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Islam volume 16 https://kurikulummerdeka.com/tema-proyek-profil-pelajar-pancasila/ (diakses pada Jumat, 10 Februari 2023) https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/ 20/084259871/41-persen-murid- indonesia-alami-bully-siswa-sma- buat-aplikasi-atasi-trauma?page=all (diakses pada Kamis, 09 Februari 2023) https://www.liputan6.com/hot/read/4560337/ 17-jenis-jenis-drama-dan- contohnya-ketahui-ciri-ciri-unsur- dan-strukturnya (diakses pada Jumat 24 Februari 2023) Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 25. https://doi.org/10.12928/citizenship .v5i2.23179 Mahendra, P. A., Gunatama, G., Suandi, N., Pendidikan Bahasa, J., & Indonesia, S. (2018). STRATEGI DAN PROSES KREATIF PRODUKSI PEMENTASAN DRAMA DALAM PEMBELAJARAN DRAMA KELAS XI SMA NEGERI BALI MANDARA. 8(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.