IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR KEPADA ANGGOTA WANADRI

Oo Iskandar Iskandar

Abstract

Abstrak

Penyebab penerapan nilai-nilai Pancasila yang tidak menyeluruh di Wanadri adalah perbedaan tingkat pendidikan, tingkat keaktifan anggota, dan berbagai kondisi yang dihadapi oleh anggota. Hal ini menghambat upaya untuk meningkatkan rasa cinta tanah air melalui kegiatan-kegiatan yang ada di organisasi Wanadari terkait implementasi nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk memahami sejauh mana implementasi nilai-nilai Pancasila dapat meningkatkan rasa cinta tanah air pada anggota Wanadri dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila terhadap anggota Wanadri memiliki dampak positif pada peningkatan pemahaman mereka mengenai rasa cinta tanah air. Nilai-nilai Pancasila, yang menjadi landasan organisasi Wanadri melalui janji dan hakikat, diimplementasikan melalui Pendidikan Dasar Wanadri, Program Anggota Muda, dan Empat Pilar Wanadri. Keterlibatan aktif, komitmen pada nilai-nilai organisasi, dan kemampuan beradaptasi dengan tantangan adalah faktor penting dalam membentuk anggota Wanadri yang bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun terdapat hambatan seperti perbedaan latar belakang pendidikan, keterbatasan waktu, dan tekanan dari lingkungan luar Wanadri, upaya organisasi dalam mengatasi hal ini melalui kurikulum inklusif, dukungan langsung, dan evaluasi berkelanjutan telah berhasil menciptakan lingkungan di mana anggota Wanadri dapat secara konsisten menerapkan nilai-nilai Pancasila dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

Kata Kunci: Nilai-nilai Pancasila, Rasa Cinta Tanah Air, WAnadri.

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Wanadri (2021)

Renca Strategi Wanadri (2021-2023)

Menjadi Wanadri Berarti Belajar Pada Alam PDW 2018

Drs. Ali Amran, S.H., MH (2016). Pendidikan pancasila di perguruan tinggi..yogyakarta: PT RajahGrafindo persada.

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Alwasilah, A. Chaedar. (2012). Pokoknya kualitatif. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Rukiyati, Purwastuti, L.A., Dwikurniani,D., et al. (2013). Pendidikan Pancasila.Yogyakarta: UNY Press.

Kaelan. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma. Sulasmono,

B.S. (2015 ). Dasar Negara Pancasila. Sleman: PT Kanisius

Dirjen Pothankam. 2010. Pendidikan Kesadaran Bela Negara (Pedoman Bagi Dosen Pendidikan Kewarganegaraan). Jakarta: Direktorat Jendral Potensi Pertahanan

Suwarno, Gowar. 2000. Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Dilingkungan Pekerjaan. Jakarta: Dirjen Sumber Daya Manusia.

Susanto, Budi. 2008. Gemerlap Nasionalitas Postkolonial. Yogyakarta: Kanisius.

Sumber Jurnal, dan Skripsi :

Rachman, A. (2018). WANADRI: Mengarungi Alam Indonesia (1964–2014) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Dokumen Resmi Pemerintah

Ketetapan MPR Nomor III/MPR/2000 tentang Sumber dan Tata Urutan Peraturan Perundang Undangan.

Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 1999 tentang Perguruan Tinggi

Sumber Internet:

Fariz Siregar.2011. “Pengertian Peran, status, Nilai, Norma, dan Budaya/Kebudayaan”.www.pengertian_peran,status,nilai,norma_dan_budaya_dalam_sosiologi(diunduh pada tanggal 20 Januari 2021)

Kamus bahasa Indonesia. “Peran”. www.kamus_bahasa_indonesia (diunduh pada tanggal 20 Januari 2021)

Wikipedia. 2012. “wanadri”. www.wikipedia_WANADRI.com (diunduh pada tanggal 20 Januari 2021)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.