ANALISIS G-MEET DALAM PEMBELAJARAN PPKn MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 8 MALANG

Devi Sabrina Putri

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini brtujuan untuk menganalisis (1) penerapan g-meet dalam pembelajaran PPKn masa pandemi covid-19 di SMP N 8 Malang, (2) kendala g-meet dalam pembelejaran PPKn masa pandemi covid-19 di SMP N 8 Malang, (3) solusi penerapan g-meet dalam pembeleajaran PPKn masa pandemi covid-19 di SMP N 8 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini berlokasi di SMP N 8 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analasis data menggunakan Teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verification. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan yaitu (1) kredibilitas, (2) transferabilitas, (3)dependabilitas, (4)konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) penerapan g-meet dalam pembelajaran PPKn masa pandemic covid-19 di SMP N 8 Malang, (2) Kendala dalam penerapan g-meet dalam pembelajaran PPKn masa pandemic covid-19 di SMP N 8 Malang, (3) solusi mengatasi kendala penerapan g-meet dalam pembelajaran PPKn masa pandemi covid-19 di SMP N 8 Malang

Kata Kunci: G-meet, Pembelajaran PPKn, Masa Pandemi Covid-19

 

ABSTRACT

This study aims to analyze (1) the application of g-meet in Civics learning during the covid-19 pandemic at SMP N 8 Malang, (2) the obstacles of g-meet in learning Civics during the covid-19 pandemic at SMP N 8 Malang, (3) solution for implementing g-meet in Civics learning during the covid-19 pandemic at SMP N 8 Malang.  This study uses a descriptive qualitative approach.  This research is located in SMP N 8 Malang.  Data collection techniques used are interviews, documentation and observation.  The data analysis technique uses the Miles and Huberman technique, namely data reduction, data presentation and verification.  While the validity of the data used are (1) credibility, (2) transferability, (3) dependability, (4) confirmability.  The results of this study indicate: (1) the application of g-meet in Civics learning during the COVID-19 pandemic at SMP N 8 Malang, (2) Obstacles in the application of g-meet in Civics learning during the COVID-19 pandemic at SMP N 8 Malang, (  3) solutions to overcome the problems of implementing g-meet in Civics learning during the covid-19 pandemic at SMP N 8 Malang

Keywords: G-meet, PPKn Learning, Covid-19 Pandemic Period

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Ramli. 2016. “Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.” Lantanida Journal 4(1):35.

Asmuni. 2020. “Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy :” Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 7(4):281–88.

Baalwi, Muhammad Assegaf. 2020. “Kendala Guru Dalam Proses Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Ditinjau Dari Kemajuan Information Technology [IT] Guru.” Lintang Songo: Jurnal Pendidikan 3 Nomor 2(2):38–45.

Farid, Miftah, Anita Dewi Utami, Nur Rohman, Fakultas Pedidikan, Ilmu Pengetahuan, Fakultas Pedidikan Matematika, and Fakultas Pedidikan Matematika. n.d. “PENERAPAN APLIKASI GOOGLE MEET PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI EKONOMI DI MASA.” 1–12.

Febriansyah, Angky. 2017. “Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung.” Jurnal Riset Akuntansi 8(2).

Gunawan, Belinda. 2020. “Analisis Yuridis Pendidikan Jarak Jauh Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia Dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia.” Jurnal HAM 11(3):387.

Halawa, E., and I. A. W. Chrismastianto. 2021. “Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Keterlibatan Aktif Siswa Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Sejarah Kelas X-IPS.” Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun … 1(1):54–78.

Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. 2020. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 22(1):65–70.

Mazda, Chadziqatun Najilatil, and Alfa Nahdlijatul Fikria. 2021. “Analisis Efektifitas Google Classroom , Zoom Meeting Dan Google Meet Sebagai Multimedia Interaktif Pembelajaran Online.” 8106:1–9.

Mulyadi, Mohammad. 2012. “Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian.” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 16(1):71.

Nafrin, Irinna Aulia, and Hudaidah Hudaidah. 2021. “Perkembangan Pendidikan Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(2):456–62.

NME Juniartini, IW Rasna. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19 1Nme.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 9(2):133–41.

Pernantah, Piki Setri, and Annisa Suci Ramadhani. 2021. “Penggunaan Aplikasi Google Meet Dalam Menunjang Keefektifan Belajar Daring Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 3 Pekanbaru.” (1):45–50.

Prabowo, Aan, and Heriyanto. 2013. “Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang [Analysis of the Utilization of Electronic Books (E-Books) by Pemustaka at the SMA Negeri 1 Semarang Library].” Jurnal Ilmu Perpustakaan 2(2):1–9.

Prawanti, Lia Titi, and Woro Sumarni. 2020. “Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES 286–91.

Puspadewi, Kadek Rahayu, Ni Kadek, Indri Wira, and Google Meet. 2021. “OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA.” 10(02).

Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, and Din Azwar Uswatun. 2020. “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(4):861–70.

Retnaningsih, Rahayu. 2020. “E-Learning System Sebuah Solusi Pragmatis Program Vokasional Semasa Pandemi COVID-19.” Taman Vokasi 8(1):28.

Setiawan, Rizki, and Eti komalasari. 2020. “Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi Di Tengah Pandemi Covid-19.” EDUSOCIUS Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan Dan Sosiologi 4(1):3.

Sukarno, B. 1999. “Kontribusi Motivasi Dan Prestasi Belajar Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan 6(2):103–13.

Sunhaji, Sunhaji. 2014. “Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 2(2):30–46.

Syah, Rizqon H. 2020. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7(5).

vivin nur whyuni. 2021. Efektifitas Penggunaan Google Meet Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Al-Islam Plus Krian Sidoarjo.

Yuliawati, Dwi Ratih. 2021. “Optimalisasi Aplikasi Whatsapp Dan Google Meet Untuk Penyampaian Materi Pada Pembelajaran Jarak Jauh.” WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(1):62–67.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.