PENGGUNAAN TEORI FUNGSIONAL STRUKTURALISME DALAM TRADISI TEDAK SITEN

khairul fahmi aziz

Abstract

Abstract

Tedak Siten is a custom and tradition carried out by the Javanese people and even those outside Java. This tradition has a series of events that must be carried out. Therefore, we chose this tradition to be the object of research in structuralist functional theory. The method we use is a qualitative research method in the form of data collection by non-direct observation. The main objective of qualitative research in the tedak siten tradition is to understand phenomena in depth and detail, and to explore the meanings and values contained in this tradition. The results of the study show that each procession from the traditional Tedak Siten tradition has a function that structurally supports a complete cultural system.

Keyword : Tedak Siten, Structuralist functional, tradition.

 

Abstrak

Tedak Siten merupakan sebuah adat dan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Jawa bahkan hingga masyarakat luar Jawa. Tradisi ini mempunyai serangkaian acara yang harus dilakukan. Maka dari itu kami memilih tradisi ini untuk dijadikan objek penelitian dalam teori fungsional strukturalisme. Metode yang kami gunakan adalah metode penelitian kualitatif berupa pengumpulan data secara observasi non-langsung. Tujuan utama dari penelitian kualitatif dalam tradisi tedak siten adalah untuk memahami fenomena secara mendalam dan detail, serta mengeksplorasi makna dan nilai yang terkandung dalam tradisi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing prosesi dari tradisi adat Tedak Siten memiliki fungsi yang secara struktural mendukung sistem budaya yang utuh.

Kata kunci : Tedak Siten, fungsional strukturalisme, tradisi.

 

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Syahira, J. dkk. 2022. Mengenal Uborampe dan Prosesi Tedhak Siten sebagai Tradisi Masyarakat Jawa di Desa Mrawuk Kabupaten Madiun. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Vol.5 No.2. Jawa Timur.

Devi, N.S.S. 2019. Upacara Tedhak Siten di Desa Banyuanyar Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Surakarta

Anggraini. R.W. dkk. TT. Tedhak Siten dalam Tradisi Masyarakat Jawa Desa Utama Jawa. Bandar Lampung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.