TEACHER STRATEGIES IN DEVELOPING CIVIC ATTITUDE ASSESSMENT INSTRUMENTS (STUDY OF SMK NEGERI 2 KARANGANYAR)

Nur Hidayah, Wijianto Wijianto, Erna Yuliandari

Abstract

Penelitian ini ditunjukkan untuk mengetahui: 1. Strategi guru dalam mengembangkan instrumen penilaian sikap kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Karanganyar. 2. Kendaladan solusi guru dalam mengembangkan instrumen penilaian sikap kewarganegaraan diSMK Negeri 2 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi, dan studi dokumen. Pengujian validatas data menggunakan model analisis triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Sikap kewarganegaraan terdiri dari karakter privat dan karakter publik makadari itu instrumen penilaian sikap yang dikembangkan oleh guru PPKn harus dapat mengukur kedua aspek dari sikap kewarganegaraan tersebut. Karena mata pelajaran PPKn merupakan salah satu kelompok mata pelajaran yang menanamkan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam melaksanakan penilaian sikap menggunakan teknik observasi dengan instrumen lembar pengamatan. Oleh karena itu strategi guru dalam mengembangkan instrumen penilaian sikap kewarganegaraan ialah a) Menyesuaikan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) dalam penyusunan instrumen penilaian; b) Menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik; c)Menentukan bentuk instrumen dan teknik penilaian; d) Menyusun instrumen penilaian dan pedoman penskoran; e) Menganalisa instrumen penilaian sikap. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan instrumen penilaian sikap kewarganegaraan yaitu a) Kurangnya penguasaan teknologi informasi; b) Kesulitan memahami karakter peserta didik; c) Alokasi waktu lama; e) Kesulitan guru dalam penyusunan instrumen penilaian. Sedangkan solusi yang ditawarkan adalah a) Meningkatkan motivasi; b) Mengikuti pelatihan atau workshop; c) memberi contoh kepada peserta didik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.