Problematika dalam Pembelajaran PPKn pada Era Covid-19 di SMA NEGERI 3 SUKOHARJO

Suyahman Suyahman, Falakh Ramadanti, Deny Oktaviani, Diska Pindya Wardhani

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif.  Pembelajaran PPKn memfokuskan pada pengembangan aspek spiritual, rasional, emosional, sosial, tanggung jawab, dan keikutsertaan sebagai warga negara. Pembelajaran daring sebagai alternatif pembelajaran pada kondisi pandemi Covid-19, dimana pembelajaran tetap berlangsung di rumah sehingga dapat mengurangi tingkat penyebaran virus Covid-19. Pembelajaran daring menggunakan akses internet untuk menghubungkan pembelajaran daring menggunakan aplikasi yang mendukung seperti; whatsapp, google classroom, google meet, zoom meeting, UKS Smaga, microsoft teams, xambro, edmodo, youtube yang mendukung pelaksanaan pembelajaran PPKn pada peserta didik SMA Negeri 3 Sukoharjo. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi dan kuisioner atau angket. Observasi atau pengamatan dilaksanakan pada proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan kuisioner atau angket menggunakan google form secara online. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran PPKn di SMA Negeri 3 Sukoharjo pada masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian yang dilakukan menemui hambatan pada pembelajaran daring seperti kuota dan koneksi internet, pelaksanaan pembelajaran, alat penunjang yang kurang mendukung, dan pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar. Pemilihan metode yang tepat dapat menghasilkan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran, adanya umpan balik dapat mendorong siswa untuk dapat mengutarakan gagasan peserta didik yang dapat mengembangkan keaktifan peserta didik. Pada pembelajaran daring diperlukan kerjasama antara guru dan peserta didik supaya pembelajaran dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

 

Kata Kunci: Pembelajaran daring, Problematika, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Achmad Kosasih Djahiri. (1988). Strategi Pembelajaran IPS/PKN. Bandung: IKIP Bandung

Hamid Darmadi, (2010). Pengantar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta

Aan Hasanah, M.Ed, Pengembangan Profesi Keguruan, Pustaka Setia: Bandung, 2012, Hlm. 85

Ainurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta, hlm. 48

Bambang Suteng (2018), Pembelajaran PPPKn berbasis IT, Usaha Mandiri: Solo

Creswell John.W. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat pendidikan dasr dan menengah(2016), kriteria pembelajaran bermutu, jakarta

Dasim (2016), Merubah Paradigma Pembelajaran PPPKn berdasarkan kurikulum 013, Usaha mandiri; Solo

Lestari Dewi, (13 september 2016) “Teori-teori Belajar dan Pembelajaran”, http://biologi-lestari.blogspot.co.id

Fitrianah Siti (13 september 2016), “Perbedaan Pembelajaran Klasik dan Modern”, http://fitrianahhadi.blogspot.co.id

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian KualitatifBandung: Remaja Rosdakarya.

Nurul Innayati, (2017) Pendekatan Pembelajaran Inovatif sebagai upaya paradigma baru dalam pembelajaran PPPKn, UNDARIS: Semarang

Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama, hlm. 5

Pupuh Fathurrohman, M.Sobry Sutikno, M.Pd. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT. Refika Aditama, 2011, Hlm. 10, Cet. Ke 5.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, hlm. 9

Wina Sanjaya, 2008. Strategi Pembelajaran; Berorentasi setandar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Hlm. 26

Wasithohadi, (2016) Pengembangan pendekatan pembelajaran PPPKn di SMP sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran PPPKn, UKSW pers, salatiga

Refbacks

  • There are currently no refbacks.