PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 2 TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG

Tries Fitriaz Tantina

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji tentang Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMPN 2 Telukjambe Timur Karawang. Model picture and picture suatu kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa dalam satu kelompok kecil untuk saling berdiskusi tentang materi dalam bentuk gambar dan mengurutkan menjadi urutan yang logis sehingga siswa menjadi aktif dalam belajar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Adapun, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian eksperimen dapat menerapkan pendekatan kualitatif ataupun kuantitatif. Namun pada umunya, penelitian eksperimen menerapkan pendekatan kuantitaif karena memerlukan hipotesis. Metode ini dipilih karena tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dampak yang ditimbulkan dari suatu perlakuan (treatmen), yaitu perlaksanaan pembelajaran yang diterapkan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Berdasarkan analisis dan pembahasan dalam penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif picture and picture terhadap motivasi belajar siswa berupa hasil belajar mata pelajaran PPKn kelas VIII SMPN 2 Telukjambe Timur Karawang, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa model pembelajaran koperatif tipe picture and picture memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa berupa hasil belajar PPKn. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen sebesar 70,00 sedangkan kelas kontrol sebesar 54,25. Dari pehitungan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunankan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis menunjukan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sehingga, Ho di tolak atau H1 diterima, karena nilai Sig. (2-tailed) yakni 0,000< 0,05.

 

Kata Kunci: Picture and Pictre, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References

Anas Sujiono. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,
Cet. 11, 2011

Arikunto, Suharsimi. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010

Aris, Shoimin. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2014

Daulay, Haidar Putra., dkk. Pendidikan Islam Dalam Lintasa Sejarah. Jakarta: Kencana, 2012

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013

Huda, Miftahul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2017

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018

Sumantri, M. Syarif. Strategi Pembelajaran; Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers, 2015

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.