Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara

Widya Noventari

Abstract

Pendidan memiliki tujuan pembentukan watak dan karakter bangsa. Pembentukan watak dan karakter bangsa diperloleh dari pengembangan asek pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang sesuai dengan pandangan hiduap suatu bangsa. Ki Hajar Dewantara sebagai tooh pendidikan di Indonesia melahirkan konsep pendidian yang disebut dengan istilah sistem among. Sistem among memiliki dua prinsip utama yakni menghargai kodrat alamiah anak dan dasar kemerdekaan serta berasaskan kekeluargaan untuk menyokong tumbuh kembang anak lahir dan batin tanpa perintah dan paksaan namun dengan tuntunan. Dua prinsip sistem among inilah yang kemudian melahirkan suatu konsepsi merdeka belajar. Konsepsi merdeka belajar dalam sistem among ini memberikan anak didik kemerdekaan sebanyak mungkin, meskipun demikian tetap harus diingat bahwa anak tidak dibenarkan apabila menggunakan itu sebebas mungkin dan melakukan segala sesuai sesuai kehendaknya dan seuka hatinya.

 

Kata kunci:  merdeka belajar, sistem among, Ki Hajar Dewantara.

Full Text:

PDF

References

Dewantara, KH. (1956). “Azas-azas dan Dasar-dasar Taman-Siswa” dalam “30Tahun Taman-Siswa”. Jogjakarta: Pertjetakan Taman-Siswa.

Freire, P. (1967). Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan. Jakarta: Gramedia.

Garasi.Reeve, D. (2013).Golkar Sejarah yang Hilang: Akar pemikiran &Dinamika. Jakarta: Komunitas Bambu.

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran diakses pada 23 Mei 2020.

Mu’arif. (2007). Liberalisasi Pedidikan: Menggadaikan Kecerdasan Kehidupan Bangsa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Rahardjo, S. (2012). Ki Hajar Dewantara: Biografi Singkat 1889-1959. Jogjakarta: Ar-Ruzzmedia.

Rifa’i, M. (2011).Sejarah Pendidikan Nasional: Dari Masa Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia.

Tim KPAI, 2020, Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai catatan Masalah anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI diakses pada 23 Mei 2020.

Warjodo. (1956). “Sedikit Tentang Organisasi Perguruan” dalam “30 TahunTaman-Siswa”. Jogjakarta: Pertjetakan Taman-Siswa.

Widyanuratikah, Inas dan Aminah, Andi Nur, 2020, Istilah Merdeka Belajar Terinspirasi dari Ki Hajar Dewantara diakses pada 24 Mei 2020.

Yamin, M. (2009). Menggugat Pendidikan Indonesia: Belajar Dari Paulo Freiredan Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.