PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PPPKn MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, BAHAGIA, ASYIK, HUMANIS, KREATIF DAN UNIK (ABAHKU) BAGI SISWA SMP NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Suyahman Suyahman

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan mutu pembelajaran PPPKn melalui pendekatan pembelajaran Aktif, , Bahagia, Asyik, Humanis,  Kreatif dan Unik (ABAHKU). Subjek penelitian ini adalah guru PPPKn Kelas VIIII  dan siswa Kelas VIIII Di SMP Negeri 1 Boyolali, dan objeknya Mutu Pembelajaran PPPKn dan Pendekatan Pembelajaran ABAHKU. Penelitian ini adalah penelitian kuaitatif, dengan menggunakan pendekatan kasus. Metode pengumpulan datanya: observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui kevalidian data digunakan triangulasi data dan metode. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis interaktif mengalir yang terdiri dari dari tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan hasil observasi dan wawancara dari guru maupun siswa ditemukan hal-hal sebagai berikut; sebelum guru menggunakan pendekatan pembelajaran ABAHKU proses pembelajaran PPPKn terkesan tegang. Pembelajaran lebih didominasi guru, siswa kurang bergairah, pembelajaran berkesan monoton, siswa kurang berpartisipasi. Daya serap siswa kurang maksimal hal ini dibuktikan hasil tes formatif dari 35 siswa yang memenuhi KKM hanya 12 siswa dengan KKM 8,0 dengan nilai rata-rata kelas 7,85. Setelah guru menerapkan pendekatan pembelajaran ABAHKU terjadi perubahan yang signifikan baik kegiatan guru maupun siswa serta daya serap siswa. Dari hasil pengamatan dan wawancara yang peneliti lakukan ditemukan hal-hal sebagai berikut: proses pembelajaran  PPPKn menarik dan menyenangkan, partisipasi siswa sangat aktif, keberanian siswa menyampaikan pendapat cukup tinggi, kegairahan belajar siswa tinggi dan daya serap siswa tinggi hal ini dibuktikan dengan hasil tes formatif dari 35 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM ada 33 siswa dengan nilai rata-rata kelas 8,3. Kesimpulannya pendekatan pembelajaran ABAHKU dapat meningkatkan mutu pembelajaran PPPKn siswa Kelas VIIIIB SMP Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2017-2018

 

Kata-Kata Kunci: Pembelajaran PPPKn dan Pendekatan Pembelajaran ABAHKU

 

Full Text:

PDF

References

Achmad Kosasih Djahiri. (1988). Strategi Pembelajaran IPS/PKN. Bandung: IKIP Bandung

Hamid Darmadi, (2010). Pengantar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta

Aan Hasanah, M.Ed, Pengembangan Profesi Keguruan, Pustaka Setia: Bandung, 2012, Hlm. 85

Ainurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta, hlm. 48

Bambang Suteng (2018), Pembelajaran PPPKn berbasis IT, Usaha Mandiri: Solo

Creswell John.W. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat pendidikan dasr dan menengah(2016), kriteria pembelajaran bermutu, jakarta

Dasim (2016), Merubah Paradigma Pembelajaran PPPKn berdasarkan kurikulum 013, Usaha mandiri; Solo

Lestari Dewi, (13 september 2016) “Teori-teori Belajar dan Pembelajaran”, http://biologi-lestari.blogspot.co.id

Fitrianah Siti (13 september 2016), “Perbedaan Pembelajaran Klasik dan Modern”, http://fitrianahhadi.blogspot.co.id

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian KualitatifBandung: Remaja Rosdakarya.

Nurul Innayati, (2017) Pendekatan Pembelajaran Inovatif sebagai upaya paradigma baru dalam pembelajaran PPPKn, UNDARIS: Semarang

Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama, hlm. 5

Pupuh Fathurrohman, M.Sobry Sutikno, M.Pd. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT. Refika Aditama, 2011, Hlm. 10, Cet. Ke 5.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, hlm. 9

Wina Sanjaya, 2008. Strategi Pembelajaran; Berorentasi setandar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Hlm. 26

Wasithohadi, (2016) Pengembangan pendekatan pembelajaran PPPKn di SMP sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran PPPKn, UKSW pers, salatiga

Abidin, N. Z. (2015). Blended Learning Dalam Pembelajaran. Cendekia.

Adult Learning Australia Inc., V., S, B., & Gupta, P. V. (2006). Australian journal of adult learning. In Australian Journal of Adult Learning.

Akhwani, H. S. (2014). Unnes Civic Education Journal. PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI EKSTRAKURIKULER YASINAN DI SMA NEGERI 1 KAYEN KABUPATEN PATI.

Anderson, J. R. (1995). Learning and memory: An integrated approach. John Wiley & Sons, Inc.

Argote, L., & Miron-Spektor, E. (2011). Organizational Learning: From Experience to Knowledge. Organization Science. https://doi.org/10.1287/orsc.1100.0621

Benware, C. A., & Deci, E. L. (1984). Quality of Learning With an Active Versus Passive Motivational Set. American Educational Research Journal. https://doi.org/10.3102/00028312021004755

Bhatnagar, S., Prasad, H., & Prashanth, L. (2013). Reinforcement learning. In Lecture Notes in Control and Information Sciences. https://doi.org/10.1007/978-1-4471-4285-0_11

Bowen, G. (2010). International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning.

Byrne, R. W., Russon, A. E., Bauer, P. J., Chen, M., Chartrand, T. L., Lee-Chai, A. Y., … Zentall, T. R. (1998). Learning by imitation: A hierarchical approach. Behavioral and Brain Sciences. https://doi.org/10.1017/S0140525X98001745

Dominic, & Sumner, N. (2016). The International Journal of Information and Learning Technology. The International Journal of Information and Learning Technology International Journal of Information and Learning Technology International Journal of Information and Learning Technology Iss International Journal of Information and Learning Technology.

Driver, R. (1989). Students’ conceptions and the learning of science. International Journal of Science Education. https://doi.org/10.1080/0950069890110501

Hollins, E. R. (2011). Teacher preparation for quality teaching. Journal of Teacher Education. https://doi.org/10.1177/0022487111409415

Iyengar, R., Ansari, A., & Gupta, S. (2007). A Model of Consumer Learning for Service Quality and Usage. Journal of Marketing Research. https://doi.org/10.1509/jmkr.44.4.529

Johannessen, J.-A., & Johannessen, J.-A. (2018). Knowledge Management and Organizational Learning. In Knowledge Management as a Strategic Asset. https://doi.org/10.1108/978-1-78769-659-420181005

Journal of research in international education. (2002). Journal of Research in International Education. https://doi.org/10.1177/147524090200100101

Kaeufer, Scharmer, & Versteegen. (2003). The SoL Journal. The SoL Journal on Knowledge, Learning, and Change.

Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2009). Experiential learning theory: A dynamic, holistic approach to management learning, education and development. In The SAGE Handbook of Management Learning, Education and Development. https://doi.org/10.4135/9780857021038.n3

Krismanto, A. (2003). Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah PPPG Matematika.

Ligeza, A. (1995). Artificial Intelligence: A Modern Approach. Neurocomputing. https://doi.org/10.1016/0925-2312(95)90020-9

Lomotey, K., & Mitchell, R. W. (2012). Journal of Negro Education. In Encyclopedia of African American Education. https://doi.org/10.4135/9781412971966.n136

Malone, W. C. (1968). Civic Education. Peabody Journal of Education. https://doi.org/10.1080/01619566809537597

Masoumi, D., & Lindström, B. (2012). Quality in e-learning: A framework for promoting and assuring quality in virtual institutions. Journal of Computer Assisted Learning. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2011.00440.x

Mutmainah, D., & Kamaluddin, K. (2019). PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK SIKAP DAN KEPRIBADIAN SISWA. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.673

Park, C. (2003). Engaging students in the learning process: The learning journal. Journal of Geography in Higher Education. https://doi.org/10.1080/03098260305675

Sandoval, W. A., & Bell, P. (2004). Design-Based Research Methods for Studying Learning in Context: Introduction. Educational Psychologist. https://doi.org/10.1207/s15326985ep3904_1

Schindler, L., Puls-Elvidge, S., Welzant, H., & Crawford, L. (2015). Definitions of Quality in Higher Education: A Synthesis of the Literature. Higher Learning Research Communications. https://doi.org/10.18870/hlrc.v5i3.244

Siemens, G. (2014). Connectivism: A Learning Theory for the Digital Age. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning. https://doi.org/10.1.1.87.3793

Spring, K. J., & Graham, C. R. (2005). Journal of online learning and teaching. Online Learning. https://doi.org/10.24059/olj.v21i4.998

Suryadi, Ace, dan Somardi. (2000). Pemikiran Ke arah Rekayasa Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Makalah disajikan dalam seminar The Needs for New Indonesian Civic Education. Bandung: CICED.

Suwarma Al Muchtar, dkk (2007) Strategi Pembelajaran PPKn. © Jakarta: Universitas Terbuka, 2007

Universitat Politècnica de Catalunya. Institut de Ciències de l’Educació., Y., & Tasir, Z. (2011). Journal of technology and science education. In JOTSE, ISSN-e 2013-6374, Vol. 9, No. 1, 2019 (Ejemplar dedicado a: International Conference on Creative and Innovative Technology Education 2018), págs. 13-19.

Utah Valley University., A. M. (2013). Journal of learning styles. In Revista de Estilos de Aprendizaje.

Van Bruggen, J. (2005). Theory and practice of online learning. British Journal of Educational Technology. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2005.00445_1.x

Wijaya Kusumah, (2009). Guru PPKn & Problematika yang Dihadapinya, artikel tidak dipublikasikan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.