STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI ORGANISASI KEPRAMUKAAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEWARGANEGARAAN (STUDI DI SMP NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)

Catur Wulandari, Erna Yuliandari, Triana Rejekningsih

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui:  (1) strategi penanaman nilai-nilai kedisiplinan peserta didik melalui organisasi kepramukaan untuk membentuk karakter kewarganegaraan di SMP Negeri 8 Surakarta. (2) nilai-nilai kedisiplinan pesert didik setelah mengikuti kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 8 Surakarta. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan melalui organisasi kepramukaan untuk membentuk karakter kewarganegaraan di SMP Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa informan, dokumen dan arsip serta tempat dan peristiwa.

Teknik Pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian adalah dengan teknik pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan analisis data model analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan diantaranya  strategi  keteladanan dan pembiasaan, strategi dinamika kelompok, adanya kontrak pembelajaran di awal kegiatan pramuka, memberikan pengumuman kepada peserta didik supaya mempersiapkan kegiatan pramuka selanjutnya. (2) Nilai-nilai kedisiplinan peserta didik setelah mengikuti kegiatan pramuka berupa disiplin waktu, disiplin dalam berpakaian lengkap, disiplin dalam berbahasa dan disiplin dalam tata tertib. (3) Faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan diantaranya memiliki rasa minder untuk melakukan hal yang berkaitan dengan disiplin, tidak memiliki kemauan untuk disiplin, kurangnya partisipasi dari guru lain, mayoritas dewan galang putri, susahnya mengatur peserta didik putra dan lingkungan pergaulan yang salah. Sedangkan faktor pendukungnya, yaitu adanya dukungan penuh dari orang tua untuk melakukan kegiatan pramuka, adanya tata tertib yang harus dipatuhi peserta didik, adanya pembentukan sikap dan keterampilan,sarana dan prasarana yang mendukung, adanya seleksi pramuka garuda, pihak pembina dari luar ikut berpartisipasi pada saat kegiatan berlangsung

Kata Kunci: Penanaman, Nilai-Nilai Kedisiplinan, Karakter Kewarganegaraan

 

Full Text:

PDF

References

AD/ART Gerakan Pramuka Munas Tahun 2013 Tentang Tujuan Gerakan Pramuka

Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Adisusilo, Sutarjo.2013. Pembelajaran Nilai Karakter :Kontrukstivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta:Rajawali Press

Akdon.2011. Strategic Management For Educational Management (Manajemen Strategi Untuk Manajemen Pendidikan). Bandung: Alfabeta

Asrori,M. 2015. Perkembangan Peserta Didik : Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru. Yogyakarta: Media Akademi

Berkowits dan Bier.2006. What Work In Character Education: A Research-driven guide for educators. _________: Character Education Partnership

Budimansyah, Dasim.2010.Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung:Widya Aksara Press

Chasiyah,dkk. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Surakarta:Yuma Pustaka

Darmadi. 2018. Guru Abad 21 “Perilaku dan Pesona Pribadi”. _________:Guepedia

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, SMA. Bandung: Rosdakarya Offset

Elmubarok, Zaim.2009. Menumbuhkan Pendidikan Nilai.Bandung: Alfabeta

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data.Jakarta: Rajawali Pers

Kementrian Pendidikan Nasional.2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional

Lickona, Thomas. 2016. Educating for Character:How Our School Can Teach Respect and Responbility. Jakarta:Bumi Aksara

Ma’mur Asmani, Jamal. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta:Diva Press

Mulyasa.2006. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta:Bumi Aksara

Pattaro, C. 2016. Character Education: Themes and Researches. An academic Literature Review. Italian Journal of Sociology of Education, 8(1), 6-30. Italian: Padova University Press. Diperoleh 30 Agustus 2019 dari http://www.iises.net/download/Soubory/soubory-puvodni/pp10- 20ijote_V2N2.pdf

S.P Hasibuan, Malayu.2003. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan, Produktivitas. Jakarta:Bumi Aksara.

Saleh, Muwafik. 2012. Membangun Karakter dengan Hati Nurani:Pendidikan Karakter Untuk Generasi Bangsa. Jakarta : Erlangga

Salusu, Jamsari. 2003. Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan :Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta

Sulhan, Najib. 2011.Pengembangan Karakter Dan Budaya Bangsa . Surabaya: PT Jepe Press Media Utama

Supriadi, Oding. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta

Supriyadi.2014. Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta:Jaya Ilmu

Triatna, Cepi. 2016. Perilaku Organisasi dalam Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Winarno.2014. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Isi, Strategi dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuriah, Nurul. 2015. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bekti TP,Ikhwanul.(2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Ekstrakurikuler Pramuka di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal. Di peroleh 09 Februari 2019 dari e- journal.ivet.ac.id.

Prasetiani, Santi. (2013). Pembentukan Sikap Disiplin Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kaligondang Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Diperoleh 09 Februari 2019 dari repository.iainpurwokerto.ac.id

Safe’i, Ahmad. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MAN 2 Bandar Lampung. Skripsi. Diperoleh 10 Februari 2019 dari repository.radenintan.ac.id

www.wikipedia.org diakses pada 09 Januari 2019 pukul 18.30.

http://pramuka.lk.ipb.ac.id/files/2012/11/Sejarah-Gerakan-Pramuka.pdf diakses pada 10 Januari 2019 pukul 16.00.

http://pramuka.ulm.ac.id/wp-content/uploads/2017/08/AD-ART-Gerakan- Pramuka-Munas-2013.pdf diakses pada 10 januari 2019 pukul 17.30

http://digilib.unimed.ac.id/1383/1/Pramuka%20ekstrakurikuler%20wajib%20diF 20sekolah.pdf diakses pada 31 januari 2019 pukul 18.58

https://id.wikipedia.org/wiki/Gerakan_Pramuka_Indonesia) diakses pada 31 januari 2019 pukul 20.06)

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang No 12 Tahun 2010 Tentang Pramuka.

Permendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Refbacks

  • There are currently no refbacks.