PERSEPSI MASYARAKAT ADAT KAMPUNG CIKONDANG DAN CIREUNDEU DALAM MEMAKNAI NILAI-NILAI KARAKTER BAGI SEORANG PEMIMPIN

Trisna Sukmayadi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap persepsi masyarakat adat Kampung Cireundeu Kota Cimahi dan Cikondang Kabupaten Bandung dalam memaknai nilai-nilai karakter yang harus dipunyai oleh seorang pemimpin. Pendektan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik analisis data melalui studi liratur, wawancara mendalam, dan observasi, setelah dianalisis, kemudian dicocokan kebenarannya melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukan secara umum masyarakat adat berpersepsi bahwa nilai-nilai karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin di masyarakat adat Kampung Cireundeu dan Cikondang adalah nilai karakter religius, taat kepada adat dan tradisi leluhur, dan taat pada falsafah sunda, yakni silih asih, silih asah, dan silih asuh. Makna nilai-nilai karakter tersebut bagi masyarakat adat kampung Cireundeu dan Cikondang, yakni sebagai fondasi dalam membangun kehidupan masyarakat sesuai adat dan tradisi leluhur

Kata kunci: Persepsi, Masyarakat adat, Nilai Karakter

Full Text:

PDF

References

Atriana, R., 2016. ICW: 500 Orang Jadi Tersangka Kasus Korupsi Sepanjang Januari-Juni 2016. [Online] Available at: https://news.detik.com/berita/3285348/icw-500-orang-jadi-tersangka-kasus-korupsi-sepanjang-januari-juni-2016 [Diakses 15 Mei 2017].

Asrori, Mohammad. (2009). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Elfira. M. (2013, 13-14 Juni). Model Kepemimpinan pada Lembaga Pemerintahan Berbasis Kearifan Lokal di Minangkabau dan Bugis. Paper presented at International Conference On Indonesian Studies Ethnicity and Globalization. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Depok.

Fatimah, S. 2001. Kepemimpinan Tradisional Masyarakat Minangkabau pada Masa Pendudukan Jepang. Jurnal Tingkap Vol. VII No. 1 Th. 2011. Hal: 75-88. Padang: Pusat Kajian Sosial Budaya dan Ekonomi (PKSBE), Kampus FIS UNP Padang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan (Daring).

M.S, Kaelan. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Marpaung, Marudut. (2014). Pengaruh Kepemimpinan dan Team Work terhadap Kinerja Karyawan di Koperasi Sekjen Kemdikbud Senayan Jakarta. Jurnal Ilmiah Widya Vol.2, No.1. Hal: 35-36. Jakarta: STIE Dharma Bumiputra Jakarta.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Robbins, S.P. (1996). Perilaku Organisai: Konsep, Kontroversi, aplikasi, edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Ruyadi, Yadi. 2010. Model Pendidikan Budi Pekerti Berbasis Budi Pekerti (Penelitian terhadap Tradisi Masyarakat Adat Kampung Benda Kerep Cirebon Provinsi Jawa Barat untuk Mengembangkan Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah). Disertasi Doktor pada SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Satori, D. dan Aan Komariah. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sondang. P. Siagian. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta.

Sukmayadi, T., 2016. Kajian tentang Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Studi Kasus pada Masyarakat Adat Kampung Kuta Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis). Jurnal Civics (Media Kajian Kewarganegaraan), Jurusan Pedidikan Kewarganegaraan dan Hukum FIS Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 13, p. 96.

Thoha, M. (2010). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo, (1999). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Pemasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.