PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN BERORIENTASI CIVIC KNOWLEDGE, CIVIC DISPOSITION, DAN CIVIC SKILL SEBAGAI INOVASI DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN PKn SD
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan model pembelajaran project citizen yang berorientasi pada civic knowledge, civic disposition, dan civic skill sebagai bentuk inovasi dalam pembelajaran mata kuliah Pendidikan PKn SD. Inovasi model pembelajaran yang dikembangkan memberikan powerful learning atau belajar yang berbobot dan bermakna yang secara pedagogis bercirikan prinsip meaningful (bermakna), integrative (terpadu ), value based (berbasis nilai), chalengging (menantang), activiting (mengaktifkan) dan joyfull (menyenangkan) Penelitan ini dilaksanakan di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pendidikan dengan pendekatan pengembangan (R&D).
Hasil penelitian pengembangan yang dilakukan menunjukkan rancangan model pembelajaran layak untuk dikembangkan dengan melihat uji kelayakan dari validator yang menunjukkan 94,62%, penilaian produk tiap bagian dan keseluruhan yang menunjukkan rata-rata kategori sangat baik. Selain itu, dilihat dari terjadinya peningkatan kefeektifan penggunaan inovasi model pembelajaran yang dikembangkan. Peningkatan tersebut dari 50,43% menjadi 89,22% sehingga secara sederhana dapat dilihat terjadi signifikansi peningkatan 38,79 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa inovasi model pembelajaran tersebut efektif untuk dikembangkan dalam pembelajaran mata kuliah PKn SD
Kata kunci : project citizen, pembelajaran, PKn SD
Full Text:
PDFReferences
A. Kosasih Djahiri.1979. “Pengajaran Studi Sosial/IPS, Dasar-dasar Pengertian Metodologi Model Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial”. Bandung: LPPP-IPS IKIP Bandung
Clark, John dan Ken Guy. 1997. “Innovation and Competitiveness”. Technopolis. July 1997
Dasim Budimansyah. 2009. “Inovasi Pembelajaran Project Citizen”. Bandung: Program Studi PKn SPs UPI.
Dimyati dan Soedjono. 1996. “Strategi Pembelajaran”. Jakarta : Rajawali Press
Eveline Siregar dan Hartini Nara. 20014. “Teori Belajar dan Pembelajaran”.
Pupuh Fathurrohman dan M. Sobri Sutikno. 2010. “Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami”. Bandung: P.T Refika Aditama
Sapriya dan Udin Winataputra. 2003. “Pendidikan Kewarganegaraan: Model Pengembangan Materi dan Pembelajaran”. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) FPIPS –UPI.
Sri Anitah. 2014. “Teknologi Pembelajaran”. Surakarta : Learning Resources Center FKIP UNS
Sri Anitah. 2015. “Strategi Pembelajaran di SD”. Jakarta : UT Press
Sudiarto. 2010. “Strategi Pembelajaran”. Jakarta : Dikti
Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung : Alfabeta
Suwarma Al Muchtar. 2000. “Pengembangan Kemampuan Berpikir dan Nilai dalam Pendidikan IPS”. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri Bandung.
Udin S, Winataputra. 2001. “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi”, Disertasi. Bandung: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Udin Winataputra. 2008. “Pembelajaran PKn SD”. Jakarta: Universitas Terbuka
Wina Sanjaya. 2010. “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Winarno. 2006. “Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi”. Jakarta : Bumi Aksara
Perpres No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
Permendikbud No. 73 tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Bidang Pendidikan Tinggi
Permendikbud No. 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) diperbaharui Permenristekdikti No. 44 tahun 2015
Permendikbud No. 154 tahun 2014 (Rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Gelar Lulusan Perguruan Tinggi)
Renstra UNNES 2015-2019
Peraturan Rektor No. 5 tahun 2017
Refbacks
- There are currently no refbacks.