HUBUNGAN PEMBELAJARAN PKn DENGAN PENGAMALAN SILA PERSATUAN INDONESIA PESERTA DIDIK SMP KEMBARAN 1 BANYUMAS

Tukiran Taniredja, Muhammad Abduh

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui proses pembelajaran PKn, pengamalan sila Persatuan Indonesia, dan   hubungan pembelajaran PKn dengan pengamalan sila Persatuan Indonesia. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas 8F SMP Kembaran 1 Banyumas yang berjumlah 32. Seluruh populasi dijadikan sampel penelitian, sehingga merupakan sensus/sampel jenuh. Pengumpulan data dengan kuesioner tertutup. Analisis data dengan persentase dan  korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan proses pembelajaran PKn kuat (78%), pengamalan Sila Persatuan Indonesia sangat kuat (82%) dan  tidak ada korelasi yang signifikan antara proses pembelajaran PKn dengan pengamalan  sila Persatuan Indonesia , rxy (0,21).

 

Kata Kunci:  pembelajaran PKn, peserta didik,  Sila Persatuan Indonesia

Full Text:

PDF

References

Buku

Ana,I.D.,Singgih H., dan Agus W., (ed), 2006. Pemikiran Para Pemimpin Negara tentang Pancasila Yogyakarta: Aditya Media.

Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.

As’ad, A.S., 2010. Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Jakarta, LP3ES.

Bakry, N.,M., 1985. Pancasila Yuridis Kenegaraan, Yogyakarta: BPFH UII.

Kohn, H., 1984. Nasionalisme Arti dan Sejarahnya terjemahan Sumantri Mertodipuro, Jakarta : Erlangga.

Latif, Y., 2011. Negara Paripurna, Historitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila, Jakarta: PT Gramedia.

Naisbitt, J., 1994. Global Paradox, New York : William Morrow and Company, Inc.

Notonagoro, 1983. Dasar Falsafah Negara, Jakarta: PT Bina Aksara.

O’leary,1997. On the Nature of Nationalism: An Appraisal of Ernest Gellner’s Writings on Nationalism, B.J.Pol.S. 27, 191–222 Copyright Ó , Cambridge UnVIersity Press: Printed in Great Britain.

Rahmat dkk.,2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.

Riduwan, 2013. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Smith., A.,D., 2003. Nasionalisme Teori Ideologi Sejarah, Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swasono., S. E., 2014. Kebangsaan, Kerakyatan dan Kebudayaan, Yogyakarta: UST-Press.

Winarno, 2014. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Artikel dalam Buku Kumpulan Artikel

Djalil, A. M.,2003 Menemukan Kembali Kebangsaan Indonesia, dalam M.Bambang Pranowo dan Darmawan (Ed), Reorientasi Wawasan kebangsaan di Era Demoakrasi, Yogyakarta : AdicitaKarya Nusa.

Artikel dalam Jurnal

Alfaqi, M.Z., 2015. Memahami Indonesia Indonesia melalui Prespektif Nasionalisme, Politik Identitas, serta Solidaritas, Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Th. 28, Nomor 2, Agustus 2015

Karim, R. 1996. Nasionalisme Arti dan Sejarahnya, Jurnal Analisis, XXV: 2, CSIS: 95-108.

Maftuh, B., 2008. Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan, Educationist, Vol. II No. 2 Juli 2008.

Nagedu, Isaiah; 2015. Nationalism in Nigeria: A Case for Patriotic Citizenship, American International Journal of Contemporary Research Vol. 5, No. 3; June 2015’

Tjokrowinoto, M., 1998.. Nasionalisme dalam Prespektif Politik, Jurnal Filsafat Pancasila II (2) Pusat Studi Pancasila UGM : 37-46.

Dokumen Resmi

Departemen Pendidikan Nasional, (2002). Kurikulum 2004 SMA Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan penilaian Mata Pelajaran Kewarganegaraan . Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 43/DIKTI/Kep/2006 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi.

Makalah Seminar

Effendi, S, 2006. Sambutan pada`Simposium Nasional Pengembangan Pancasila sebagai Paradigma Ilmu Pengetahuan dan Pembangunan Nasional.

Santoso, Dj., 2008. Ketahanan Negara dan Wawasan kebangsaan Menghadapi Tantangan Global, Makalah disampaiakan pada Simposium Nasional Peringatan Satu Abad Kebangkitan Nasional, 19 Mei 2008, Yogyakarta : UGM, Pemda DIY, Kagama.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.