Sobat Kos Solusi Kebutuhan Kos Era Pandemi Covid-19

Jauharul Kafi, Faiz Ahnaf Eka Putra, Kholik Hasan W, Dianita Suci Ningrum

Abstract

Kos menjadi salah satu usaha dibidang properti yang sangat menjanjikan. Kebanyakan penyewa kos adalah mahasiswa yang sedang kuliah di kampus. Masa pandemi covid-19 telah mengubah sistem pembelajaran yang awalnya kuliah tatap muka menjadi kuliah daring. Mahasiwa dituntut belajar online dari rumah. Sebagai akibatnya, kos yang berada disekitar kampus ditinggal penghuninya. Berangkat dari permasalahan tersebut kami menemukan sebuah peluang usaha baru dengan brand “Sobat Kos” yang melayani berbagai macam kebutuhan kos. Sobat kos melayani jasa penyedia informasi kos, penyedia jasa angkut barang kos, jasa kebersihan kos, dan jasa penitipan barang kos. Selain itu sobat kos dalam pengembangannya akan menyediakan layanan desain dan renovasi kos. Metode pelaksanaan usaha sobat kos ini terdiri dari pengumpulan sumber daya, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengumpulan data kos dilakukan dengan menawarkan jasa info kos ke pemilik kos area solo raya. Setelah mendaftar pemilik kos memberikan surat kuasa kepada pihak sobat kos untuk melaksanakan jasa. Sobat kos menjalin mitra usaha sebanyak mungkin seperti jasa ekspidisi dan jasa angkut solo untuk pengiriman barang kos, pengrajin furniture dan mahasiswa desain interior untuk mengembangkan desain renovasi kamar kos. Dengan bisnis ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa, pemilik kos, jasa angkut, dan jasa ekpedisi logistik.

Full Text:

PDF

References

Rosadi, Dadi dan Feby Oktarista Andriawan. (2016). Aplikasi Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos di Kota Bandung Berbasis Android. Jurnal Computech & Bisnis STMIK MI Vol. 10 No. 1, Juni 2016, 50- 58 ISSN 2442-4943.

Teuku Mario. 2020.Sukses Bisnis Kos. URL: https://yukbisniskost.com/sukses-bisnis-kos-kosan/. Diakses tanggal 10 November 2020.

Wicaksono, Andie A. (2007). Ragam Desain Ruko (Rumah Toko). Jakarta : Penebar Swadaya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.