Bocah Nusantara : Inovasi Permainan untuk Mengenal Pakaian Adat dan Bahasa Daerah

Riski Fidiana, Nila Safitri, Tasya Ayu Oktayana, Farida Setyaningsih, M. Dava Alqirana

Abstract

Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa, tentunya harus mengetahui dan mencintai identitas bangsanya.Oleh karena itu, pengenalan budaya bangsa dapat dilakukan mulai sejak dini.Paper Dress Up merupakan salah satu permaian yang dapat digunakan untuk mengenalkan pakaian adat dan bahasa daerah.Dengan adanya inovasi Bonus (Bocah Nusantara), anak-anak dapat bermain sekaligus mengenal pakaian adat dan bahasa daerah Indonesia. Proses persiapan diawali dengan observasi lapangan, alat dan bahan.Proses produksi Paper Dress Up meliputi pembuatan desain karakter, kartu percakapan, dan packaging.Produk ini menggunkan enam karakter dari suku Jawa, Sunda, Bali, Papua, Bugis, dan Batakmenggunakan nama-nama khas agar mudah diingat. Produk yang dihasilkan berupa permainan inovasi Paper Dress Up bernama Bonus. Harga yang penulis tawarkan setiap pack adalah Rp30.000,- dengan harga produksi Rp 15.000,-. Pemasaran produk melalui kerja sama denganpenerbit buku anak TK dan SD. Produk terdiri dari Paper Dress Up, kartu percakapan, dan barcode yang mengarahkan pembeli untuk mengunduh gameBonus. Dampak yang diharapkan dengan adanya produk Bonus ini di antaranya: 1) generasi muda penerus bangsa mengenal kebudayaan daerah di Indonesia, 2) menimbulkan perasaan cinta dan bangga akan kebudayaannya sendiri, 3) mengurangi kecanduan pada anak terhadap game yang tidak edukatif, dan 4) menghasilkan produk media pembelajaran yang dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia.

Full Text:

PDF

References

Dharmamulya, S. 2008. Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel Press.

Khasanah, I., Prasetyo, A. & Rakhmawati, E. 2011. Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDIA. 1(1), 91-105.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini Pasal 8Ayat 2-3. 2015. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Seefeldt, C. & Barbour, N. 1993. Early Childhood Education. New York:Macmillan.

Suparti, M. S. 2017. Pengembangan Model Media Audio Pembelajaran Bermuatan Permainan Tradisional untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Kwangs

Refbacks

  • There are currently no refbacks.