Kartu Kuartet sebagai Permainan Kartu Edukatif untuk Memperkenalkan Ragam Budaya dari 34 Provinsi di Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar

Luluk Aristiani, Urfan Nabila

Abstract

Kartu kuartet merupakan sejenis permainan yang terdiri atas beberapa jumlah kartu bergambar yang dari kartu tersebut tertera keterangan berupa tulisan yang menerangkan gambar tersebut. Kartu kuartet umumnya berjumlah 48 kartu, yang berarti memiliki 12 judul dan masing-masing memiliki 4 buah kartu. Hal ini menjadi suatu media permainan yang edukatif untuk anak sekolah dasar, yang pada umumnya anak-anak sangat suka dengan permainan. Minat baca dan pemahaman anak-anak saat ini menurun karena adanya game online. Salah satu dampak dari game online ialah lemahnya daya pikir dan kurangnya rasa ketertarikan untuk mengetahui hal baru. Oleh karena itu, dibuatlah kartu edukatif yang memperkenalkan keaneragaman budaya daerah di Indonesia, salah satunya rumah adat, lagu daerah, senjata tradisional, dan tari daerah pada tiap provinsi di Indonesia. Dengan adanya permainan kartu kuartet ini dapat menyisipkan sebuah edukasi pada anak-anak agar mereka mengenal dan memahami keaneragaman budaya daerah di Indonesia.

Full Text:

PDF

References

Edy Waspada. 2014. Perbedaan pengaruh permainan tradisional dan latihan kecerdasan kinestetik terhadap kemampuan motorik dan kecerdasan emosional, dalam TESIS. Universitas Sebelas Maret.

Ekawati, P. L., Falani, A. Z., Kom, S., & Kom, M. 2015. Pemanfaatan Teknologi Game Untuk Pembelajaran Mengenal Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android. Jurnal Link, 22(1), 30-36.

Misbach, I. 2006. Peran Permainan Tradisional yang Bermuatan Edukatif dalam Menyumbang Pembentukan Karakter dan Identitas Bangsa. Laporan Penelitian. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan.

Renggani, P. 2012. Menetralkan Kecanduan Games.

Sukamelang. Diakses pada 1 Mei 2011. Kenangan Tanpa Batas. Universitas Pendidikan Indonesia

Wibowo, T. P. 2014. Perancangan Permainan Kartu Edukatif untuk Memperkenalkan Sejarah dan Pahlawan Kemerdekaan Indonesia Pada Anak Usia 7-9 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.