GLOWOOD: Produk Hiasan dan Souvenir Wood Print Berpendar dari Limbah Kayu Mebel

Dewi Ratnasari, Nikmah Kasanah, Rafli Prastiatry Zain

Abstract

Badan Pusat Statistik (2016) mengatakan kecenderungan minat konsumen saat ini terhadap produk kreatif terus meningkat, hal ini dibuktikan dengan mulai tumbuhnya industri kreatif di Indonesia rata-rata sebesar 10,14 persen setiap tahunnya. Wood print merupakan produk olahan kayu dengan membentuk kata-kata, gambar, simbol disusun dalam satu tempat berupa kayu atau akrilik serta diberi tambahan gambar dengan teknik transfer foto. Peningkatan industri mebel menyebabkan meningkatnya produksi kayu gelondongan sebagai contoh yang terjadi di Jawa Tengah, pada tahun 2013 produksi kayu gergajian mencapai 983.154,939 m3. Berdasarkan kecenderungan minat beli konsumen, kondisi pasar yang potensial serta potensi bahan berupa limbah mebel yang melimpah akan dirintis usaha berupa GLOWOOD dengan produk utamanya adalah wood print. Wood print yang diciptakan akan ditambah dengan penerapan sains, yaitu efek pendaran. Kegiatan usaha GLOWOOD dimulai dengan tahap pra-produksi, kemudian tahap pemilihan dan persiapan limbah kayu, proses design dan pembentukan kayu, lalu finishing dan packing produk. Dalam tahap awal usaha GLOWOOD bekerja sama dengan mitra Toko Marchellindo Furniture sebagian pemasok limbah kayu serta pengolah limbah kayu menjadi bentuk sesuai yang diinginkan oleh konsumen. Skala pemasaran GLOWOOD meliputi via online dan via offline. Sistem distribusi kami lakukan dengan pemesanan produk secara langsung, pemesanan produk secara online, serta membuka pasukan reseller.

Full Text:

PDF

References

Subhi, K. T., & Budiasih, B. 2019. Kajian Produktivitas Industri Kreatif Besar Sedang Subsektor Kuliner Tahun 2015. In Seminar Nasional Official Statistics. Vol. 1:660-669.

Hakim, M. 2016. Desain Home Decoration Berbahan Limbah Kayu Jati Dengan Bentukan Teknik Bending Dan Puntir. Doctoral Dissertation. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Kementerian Perindustrian. 2015. Menprin: Industri .Kreatif Tumbuh 7% Per Tahun. Diakses melalui https://kemenperin.go.id/artikel/12797/Menperin:-Industri-KreatifTumbuh-7-Per-Tahun pada tanggal 27 Oktober 2020 pukul 16.50 WIB.

Amin, S. 2014. Science-preneur ala CEO PT Sistem Aneka Indonesia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB Bandung. Diakses melalui https://fmipa.itb.ac.id/science-preneur-ala-ceo-pt-siskem-aneka-indonesia/ pada tanggal 20 Desember pada pukul 17.50 WIB.

AMKRI. 2015. Era Emas Pertumbuhan Industri Mebel dan Kerajinan Nasional dalam 5 Tahun ke depan Tumbuh USD 5 Milyar.

URL: www.amkri.org/post/22/Era-Emas-Pertumbuhan-Industri-Mebel-danKerajinan-Nasional dalam-5-Tahun-ke-depan-Tumbuh-USD-5-Milyar/id. Diakses tanggal 27 Oktober 2020.

Hasibuan, A. 2017. Analisis Manajemen Resiko Bisnis Pada Perusahaan Perhotelan Dengan Metode Delphi Di Hotel Xy Medan. doi:10.31219/osf.io/84pxb.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.