Modern Style Lurik For Millennials Daily Outfit

Vania Dwike Hapsari, Sabila Rahmatami Puspita, Terania Putri Bimandiri Sugiarto, Rifan Freza Purnama

Abstract

Indonesia memiliki bermacam warisan budaya, salah satu warisan budaya yang dilirik oleh kacamata dunia yaitu lurik. Lurik tak sekedar kain bermotif lurus, lurik merupakan warisan budaya nenek moyang yang memiliki nilai-nilai luhur di dalamnya dan harus dilestarikan, karena lurik bukan hanya sebuah komoditi, akan tetapi merupakan sebuah karya seni bernilai sejarah sebagai perwujudan nilai-nilai kesederhanaan, kesabaran, dan keluhuran. Hal ini sejalan dengan pemikiran mahasiswa merencanakan dan membuat usaha “MOSTIK”. Tujuan penulisan artikel yaitu untuk memberi informasi terkait usaha MOSTIK dan keguaannya untuk meningkatkan nilai guna kain lurik menjadi barang fashion yang mudah digemari masyarakat khususnya generasi milenial. Metodologi yang dilakukan adalah persiapan dan survey pasar, produksi dan pemasaran dan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi, didapatkan hasil bahwa dengan penulisan artikel ini mampu meningkatnya nilai guna kain lurik menjadi barang fashion yang mudah digemari masyarakat khususnya generasi milenial, menambah penghasilan mahasiswa dengan menciptakan peluang usaha baru dengan memanfaatkan kain lurik sebagai bahan dasar, meningkatkan penghasilan masyarakat khususnya bagi penjahit di Kabupaten Magetan sebagai tempat produksi, serta menambah opsi pilihan masyarakat dalam mengkonsumsi dan memilih barang fashion yang membudaya.

Full Text:

PDF

References

Tjiptono & Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. ANDI, Yogyakarta.

Amirullah. 2005. Pengantar Bisnis. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Umar, Husein. 2005. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi 3. Gramedia Pustaka, Jakarta.

Malhotra. 2005. Riset Pemasaran. Jilid I. Edisi 4. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Adiningsih Sri. 1999. Hasil Produksi. Graha ilmu, Yogyakarta.

Samryn, L.M., 2012, Akuntansi Manajemen Informasi Biaya untuk Mengendalikan Aktivitas Operasi dan Investasi. Edisi Pertama. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.