Pengembangan Wisata Terpadu Waduk Mulur Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo
Abstract
Keanekaragaman alam dan budaya Indonesia menjadikan Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata. Pengembangan sektor pariwisata dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga dapat mendorong pembangunan bangsa. Kabupaten Sukoharjo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang sedang melakukan pengembangan pariwisata di wilayahnya. Inovasi Wisata Terpadu Waduk Mulur merupakan salah satu wujud dari pengembangan kepariwisataan untuk menyejahterakan masyarakat, memajukan wilayah, serta mengoptimakan potensi alam yang ada di Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo. Inovasi ini didasarkan atas belum optimalnya pengelolaan Waduk Mulur yang hingga saat ini hanya difungsikan sebagai waduk untuk irigasi serta budidaya ikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah Waduk Mulur. Penelitian ini menggunakan dua ragam data, yakni data primer dan data sekunder. Untuk memperoleh data penelitan, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan studi pustaka. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan menggunakan model Miles Huberman dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threaths).
Full Text:
PDFReferences
Jaffe, E., & Pasternak, H. 2004. Developing Wine Trails as a Tourist Attraction in Israel. International Journal of Tourism Research. hlm. 237-249
Tempo.co. 2019. Menpar: Pariwisata Berkelanjutan Jadi Masa Depan Indonesia
Hartono, H. 1974. Perkembangan Pariwisata, Kesempatan Kerja dan Permasalahannya. Prisma. hlm. 45
Nana Syaodih Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hasan, M. Iqbal, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia, Bogor, 2002.
Andi Prastowo. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-ruzzmedia
Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
A. Yusuf. 2016. Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Place Branding Dan Implikasinya Terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Wisata Pantai
Purwanto, Agus. 2019. Ini Manfaat Konsep wisata Terpadu. GenPI.co
Yusuf, Muhammad. 2016. Pengembangan Kawasan Waduk Mulur Sebagai Kawasan Wisata Edukasi dan Sport. Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta. hlm. 3-4.
Refbacks
- There are currently no refbacks.