Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa SD Melalui Babad Tanah Jawa dengan Metode Role Playing

Muhdi Dendy Hernanto, Dewi Ariyanti, Wulandari Wulandari

Abstract

Pendidikan karakter menjadi sorotan dan banyak diperbincangkan oleh masyarakat, terutama oleh kalangan akademisi. Pertumbuhan pendidikan di Indonesia belum dibersamai dengan bertumbuhnya karakter pada diri SDMnya. Sehingga tak jarang ditemui seorang yang memiliki kecerdasan dan berpendidikan tinggi namun tak memiliki karakter yang baik(Marzuki & Haq, 2018). Oleh karena itu, pendidikan karakter sangat penting ditanamkan sejak dini agar nantinya pertumbuhan pendidikan dapat dibarengi dengan perkembangan karakter pada diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe role playing yang dipadukan dengan Babad Tanah Jawa (BTJ) sebagai media pendidikan karakter guna membentuk maupun memperbaiki karakter siswa. Hal itu karena pada BTJ mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang kental, antara laian perjuangan, keberanian, keadilan, spiritual dan lainnya (Qur’ani, 2018). Dalam metode ini guru dapat menanamkan perilaku dan karakter yang baik maupun yang buruk melalui tokoh-tokoh dalam BTJ sehingga memotivasi siswa untuk dapat menilai mana karakter atau sikap yang seharusnya dimiliki pada kondisi tertentu atau dalam lingkungan bermasyarakat(Qur’ani, 2018). Hasilnya karakter siswa mengalami perkembangan yang dapat dilihat dari berkembangkan sikap berani menjawab, percaya diri, dan saling menghargai pada diri siswa.

Full Text:

PDF

References

Basri, Syamsu. 2000. Teaching Speaking. 2000. Jakarta

Ibnu, T., 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta: Prenamedia gorup, p. 55.

Isjoni, H., 2014. Cooperative learning mengembangkan kemampuan belajarberkelompok.. Bandung: Alfabet.

Leonard, A. A. &., 2010. Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika.

Rofiq, M. N., 2017. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam.. Jurnal Falasifa, pp. 1-14.

Sri Damayanti, M. T. A., 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal Pendidikan Matematika.

Sundari, N., 2008. Perbandingan Prestasi Belajar Antara Siswa Sekolah Dasar Unggulan dan Siswa Sekolah Dasar Non-Unggulan di Kabupaten Serang. Jurnal Pendidikan Dasar, No. 9.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.