Monopoli Aksara Jawa Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Pembangkit Semangat Belajar Siswa Kelas V SDN Jajar Surakarta

Muhammad Isna Rosyada, Meilani Rayyana Budiarti, Annissya Nuraini Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa jawa materi aksara Jawa dengan menggunakan media permainan monopoli aksara Jawa pada siswa kelas V SD Negeri Jajar 1 Surakarta tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengambil sampel sekolah di SD Negeri Jajar 1 Surakarta, dan yang diambil sampel siswa kelas V. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang meliputi hasil pengamatan proses pembelajaran di kelas, hasil soal pre-test dan post tes serta dokumentasi berupa foto dan video kegiatan penelitian. Uji coba produk dilakukan pada siswa kelas V SD N Jajar 1 Surakarta yang terdiri dari 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, ditinjau dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70 diperoleh data nilai rata-rata kelas pada pre-test sebelum menggunakan media 37,4 pada post test setelah menggunakan media meningkat menjadi 87,5. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media permainan monopoli aksara Jawa dapat meningkatkan semangat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa pada siswa kelas V SD Negeri Jajar 1 Surakarta.

Full Text:

PDF

References

OECD, Education at a Glance 2019. 2019.

D. T. Chandra and N. Rustaman, “PERKEMBANGAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI SEBAGAI SUATU INOVASI PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN DASAR DI INDONESIA,” J. Pengajaran Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, 2015, doi: 10.18269/jpmipa.v14i2.299.

C. Kustandi and B. Sutjipto, Media pembelajaran manual dan digital. 2011.

L. A. Darmawan, F. Reffiane, and S. Baedowi, “Pengembangan Media Puzzle Susun Kotak Pada Tema Ekosistem,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., 2019, doi: 10.23887/jppp.v3i1.17095.

M. Arif, “METODE LANGSUNG (DIRECT METHOD) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB,” Al-Lisan, 2019, doi: 10.30603/al.v4i1.605.

Widodo, “Metodologi Penelitian, Populer & Praktis,” in Metodologi Penelitian, Populer & Praktis, 2017.

R. Oktavianti and A. Wiyanto, “PENGEMBANGAN MEDIA GAYANGHETUM (GAMBAR WAYANG HEWAN DAN TUMBUHAN) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERINTEGRASI KELAS IV SD,” Mimb. Sekol. Dasar, 2014, doi: 10.17509/mimbar-sd.v1i1.865.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.