Perumusan Model Pengembangan Ekonomi Kreatif Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM Di Kabupaten Sukoharjo

Nunung Sri Mulyani, Izza Mafruhah, Dewi Ismoyowati, Nurul Istiqomah

Abstract

Ekonomi kreatif adalah konsep ekonomi yang berkembang berdasarkan pada aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Ekonomi kreatif memiliki peran sebagai salah satu penyumbang ekspor Indonesia. Ekonomi kreatif menjadi bagian dari ekspor non migas yang saat ini tengah digalakkan. Tingginya peran ekonomi kreatif ini tidak lepas dari peran industri kreatif yang disumbangkan oleh masing-masing daerah. Selain itu, dalam industri kreatif melibatkan seluruh stakeholder yang ada yaitu ABCGM (Academic, Business, Community, Government dan Media). Kelima unsur tersebut secara bersama-sama terlibat dalam pengembangan ekonomi kreatif. Sukoharjo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak industri baik mikro, kecil maupun menengah besar. Jumlah industri kecil di Sukoharjo mempunyai kontribusi terbesar yaitu 97,39%. Sukoharjo merupakan salah satu kabupaten yang memiliki beberapa perusahaan besar dengan tenaga kerja yang cukup banyak. Hal ini berhubungan secara langsung dengan jumlah investasi yang ditanamkan pada industri. Industri besar memiliki kontribusi paling besar dalam sisi investasi yaitu sebesar 83,5 % dan meningkat menjadi 86 % pada tahun 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan : 1). Pemetaan industri kreatif dan pelaku usaha industri kreatif di kabupaten Sukoharjo, 2). mengetahui permasalahan industri kreatif di kabupatan Sukoharjo serta 3). Mengetahui dukungan seluruh stakeholder terhadap industri kreatif di kabupaten Sukoharjo. Alat analisis yang digunakan adalah melakukan pendataan pada Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM, Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan masing-masing kecamatan. Setelah itu data akan dikelompokkan dan diolah dengan menggunakan Analisis Atlasti.

Full Text:

PDF

References

Artikel Jurnal yang Ditinjau Sejawat:

Cham, Purnama, dan Suyanto.(2010). Motivasi dan Kemampuan Usaha dalam Meningkatkan

Keberhasilan Usaha Industri Kecil (Studi pada Industri Kecil Sepatu di Jawa Timur). Jurnal

Manajemen dan Kewirausahaan. Volume 1.

Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Direktoral Pendidikan Formal dan Non Formal

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010) Modul 3 Manajemen Usaha Kecil.

Harini, S. (2012) Pengaruh Pelatihan Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen

SDM, Manajemen Produksi dan Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM. Proceeding Seminar

Nasional Forum Bisnis dan Keuangan.

Hendrati, Ignatia Martha dan Mochamad Muchson. (2010) Latar Belakang Pendidikan, Pelatihan, dan Kewirausahaan terkait Kinerja UMKM (Studi di Sentra Industri Tenun Ikat Kelurahan Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri). Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, Volume 10, No 1, 2010

Buku:

Saksono, H. (2012). Ekonomi Kreatif: Talenta Baru Pemicu Daya Saing Daerah. Jurnal Bina Praja, 04(02), 93–104. https://doi.org/10.21787/jbp.04.2012.93-104 Statistik,

B. P. (2017). Ekspor Ekonomi Kreatif 2010-2016. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.