Indeks Kepuasan Masyarakat Kabupaten Ngawi

Dewi Ismoyowati, Izza Mafruhah, Nurul Istiqomah

Abstract

Salah satu aspek penting dalam pelayanan publik adalah Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM ), sehingga survey atas pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah menjadi bagian penting untuk mendapatkan perhatian. Survey kepuasan masyarakay menjadi wajib dilaksanakan oleh seluruh unit penyelenggara pelayanan publik sebagaimana diamanatkan oleh Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan didukung oleh Peraturan Menteri Penadayagunaan Aparatur Negara ( PermenPAN ) Nomor 20 Tahun 2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010 – 2014 dan pelaksanaannya diatur oleh Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Indeks kepuasan Masyarakat yang disusun berhubungan erat dengan Visi dan Misi Pemerintah Daerah.

Pemerintah Kabupaten Ngawi telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan publik secara terus menerus. Aspek terakhir dalam pelayanan masyarakat adalah evaluasi yaitu sebagai upaya melihat hasil pelayanan dan bagaimana dampaknya terhadap masyarakat sehingga bisa memperbaiki kinerja layanan secara berkelanjutan. Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi adalah dengan melakukan pengukuran Indek Kepuasan Masyarakat bagi unit unit kerja.

Full Text:

PDF

References

M Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Lijan Poltak Sinambela, dkk. (2011). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara. Nasution, M.N. (2001). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Buku:

Atep Adya Barata. (2003). Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Bambang Presetyo dan Lina Miftahul Jannah. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fandy Tjiptono. (1997). Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.

Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana. (2003). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. (2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta:Andi Offset.

Harbani Pasolong. (2010). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: CV Alfabeta

Kasmir. (2005). Etika Customer Service. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.