Persepsi Mahasiswa Terhadap Nilai-Nilai Bela Negara Pada Kampus Bela Negara

Aniek Irawatie, Iswahyuni Iswahyuni, Hesty Fazar Afriani, Tsabdany Tzarauliarany Anagusti

Abstract

Persepsi adalah suatu proses yang ditempuh individu-individu untuk mengorganisasikan dan menafsirkan kesan indera mereka agar memberi makna kepada lingkungan. Namun apa yang merupakan persepsi seseorang dapat berbeda dari kenyataan yang objektif, karena perilaku orang didasarkan pada persepsi mereka akan realitas, dan bukan pada realitas itu sendiri. Bela negara merupakan tugas kemanusiaan yang fundamental dan eksistensial, membangun tekad, sikap, dan tindakan yang terbaik bagi diri, masyarakat, bangsa dan Negara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui mata kuliah wajib universitas (MKWU) Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan mahasiswa lebih memahami nilai-nilai bela negara dan mampu mengimplementasikannya dalam perilaku sehari-hari di dalam pergaulannya.

 

Full Text:

PDF

References

Peraturan PerUndang-Undangan

Undang-undang No. 3 Tahun 2002 Sistem Pertahanan Negara

Buku

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Basrie, Chaidir. 1998. Bela Negara Implementasi dan Pengembangannya (Penjabaran Pasal 30 UUD 1945). Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Hamid, Hamdani dan Beni Ahmad Saebani. 2013. Pendidikan Karakter Perpektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Herdiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III, Balai Pustaka, Jakarta, 2007

Lembaga Ketahanan Nasional RI, 2001, Pendidikan Kewarganegaraan, PT Gramedia Utama, Jakarta.

Lembaga Ketahanan Nasional RI, 2007, Hasil Penelitian Bela Negara,Lemhannas RI, Jakarta

Luthans. F, 1992, Perilaku Organisasi, Edisi 10, Andi Offset

Molelong, Lexy. J, 2009, Metode Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

P. Robbins, Stephen, 2001 ,“Perilaku Organisasi”, Prentice Hall.

Singarimbun M. Effendy S. 2006. Metode penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Jurnal

Irawatie, Aniek, Iswahyuni Iswahyuni, and Marina Eri Setyawati. 2019, “Education Learning Development of Character Education-Based State Defense.” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 6, no. 2: 27–42. https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/602.

Diklat

Suhari Didik, 2004, Mewujudkan Semangat Bela Negara Dikalangan Masyarakat Guna Memantapkan Pertahanan Dan Keamanan Dalam Rangka Memperkokoh Keutuhan NKRI, Kertas Karya Perorangan (Taskap) KRA XXXVII Lemhannas RI, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.