Penilaian Postur Kerja Operator Berdasarkan Metode REBA pada Stasiun Penimbangan PT Jagojaya Shuttlecock

Meidiana Annisa Putri, Dwi Puji Astuti, Muhammad Dzaki ‘Alauddin, Kalvin Fariza Adhitya, Ayu Setiawati, Naufal Adi Wibowo

Abstract

PT Jagojaya Shuttlecock adalah salah satu industri rumahan pengrajin shuttlecock di Kota Solo. Proses produksi di perusahaan ini masih banyak yang dilakukan secara manual atau menggunakan tenaga manusia. Oleh sebab itu aspek ergonomi menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Namun pada perusahaan ini hal tersebut belum terlihat penerapannya. Salah satu bukti yaitu ditemukannya postur kerja operator stasiun penimbangan yang tidak ergonomis. Operator melakukan proses penimbangan shuttlecock dengan posisi duduk bersila dilantai. Timbangan di depan operator diletakkan pada meja kecil juga sangat pendek, tidak sesuai dengan proporsi badan operator. Hal ini menyebabkan leher operator menunduk untuk dapat melihat angka yang tertera pada layar digital timbangan. Postur ini dapat menyebabkan timbulnya rasa lelah dengan cepat. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode observasi dengan menilai postur kerja berdasarkan metode REBA (Rapid Entire Body Assessment). Setelah dilakukan penilaian postur kerja menggunakan metode REBA didapatkan nilai resiko sebesar 5. Nilai ini mengindikasikan resiko sedang, dimana harus dilakukan investigasi lebih lanjut terkait postur tersebut dan perlu dilakukan perbaikan sesegera mungkin.

Full Text:

PDF

References

Sari, I. N. 2019. Penerapan Ergonomi Terhadap Keselamatan Pegawai Dalam Suatu Perusahaan Pdf. Penerapan Ergonomi Terhadap Keselamatan Kerja Dalam Suatu Perusahaan. hlm. 1-15.

Kristanto, A., & Saputra, D. A. 2011. Perancangan Meja dan Kursi Kerja yang Ergonomis pada Stasiun Kerja Pemotongan sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. 10: 78-87.

Pratiwi, I., Aprillia, L., & Zulfa, C. 2014. Evaluasi Postur Kerja Pengrajin Gerabah Menggunakan RULA Dan REBA. Seminar Nasional IENACO. hlm. 29-35.

Astari, A. 2017. Gambaran Postur Kerja Petani Rumput Laut dengan Metode REBA di Pulau Kanalo Dua Kec. Pulau Sembilan Kab. Sinjai. Skripsi. Program S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Makassar.

Tarwaka, Solichul, & Sudiajeng, L. 2004. Ergonomi untuk Keselamatan Kerja dan Produktivitas. Surakarta: Uniba Press.

Susanti, L. dkk. 2015. Pengantar Ergonomi Industri. Padang: Andalass University Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.