Desain dan Simulasi Switching System Dual Platform Baterai Hibrida Lead Acid dan Lithium Untuk Meningkatkan Performa Kendaraan Listrik Menggunakan software Proteus ISIS 7.9

Fuad Nur Kuncoro, Krisna Hakim, Muhammad Al Hamid

Abstract

Penggunaan Hybrid Energy Storage System pada kendaraan listrik ringan dengan konfigurasi baterai Valve Regulated Lead Acid (VRLA) diaplikasikan untuk suplai daya utama dalam mengatasi beban rendah dan handal dalam perubahan variasi beban, sedangkan untuk baterai Lithium memiliki karakteristik kepadatan energi tinggi, internal resistance kecil, efisiensi tinggi sehingga sesuai untuk mengatasi beban tinggi. Pada penelitian ini dilakukan uji simulasi rangkaian kontrol dual platform baterai dengan kombinasi baterai VRLA dan Lithium menggunakan metode switching pada software Proteus ISIS 7.9 Professional serta desain konversi sepeda gunung federal menjadi sepeda listrik menggunakan software Blender. Hasil simulasi Proteus didapatkan bahwa ketika bukaan throttle handle gas > 50% (beban tinggi) baterai LFP akan terhubung ke beban motor, sedangkan ketika bukaan throttle handle gas< 50% (beban rendah) baterai VRLA akan terhubung ke beban motor. Dari switching baterai yang terhubung beban dapat disimpulkan dengan penggunaan dual baterai dapat mengurangi beban penuh pada baterai tunggal dan dapat mensinergikan keunggulan baterai lainnya serta menutupi kelemahan masing-masing baterai.

Full Text:

PDF

References

Murdianto dan Sutantra. 2012. Pengembangan Model Regenerative Brake pada Sepeda Listrik

untuk menambah jarak tempuh. Jurnal Teknik POM ITS. Jurusan Teknik Mesin, fakultas

Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

Ronny dan Sujono. 2016. Otomatisasi Sepeda Listrik Berbasis Arduino Uno. Prosiding Seminar

Nasioanl Multidisiplin Ilmu. Jurusan Teknik Elektro fakultas teknik, Univerirsitas Budi Luhur,

Jakarta

Afif, Muhammad., Pratiwi. 2015. Analisis Perbandingan Baterai Lithium-Ion, Lithium-Polymer,

Lead Acid dan Nickel Metal Hydride pada Penggunaan Mobil Listrik–Review. Jurnal Rekayasa

Mesin. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang.

Renner, D, Dkk. 2016. Optimization of a 12 V dual-Battery System for Micro Hybrid Vehicles.

AUDI AG, SIL GmbH, TU Dortmund University, Germany.

Jamahori, H, F. 2017. Hybrid Energy Storage System for Life Cycle Improvement. Centre of

Electrical Energy System, Institute of Future Energy, Universiti Teknologi Malaysia, UTM

Johor, Johor Bahru, Malaysia.

Chung, S., Trescases, O. 2017. Hybrid Energy Storage System with Actie-Mix Control in a DualChemistry Battery Pack for Light Electric Vehicles. Senior Member IEEE, Department of

Electrical and Computer Engineering, Univeristy of Toronto 10 King‘s College Road, Toronto,

Canada

Refbacks

  • There are currently no refbacks.