Program Optimalisasi Grup Belajar Online untuk Membantu Permasalahan Pelajar Desa selama Wabah COVID-19

Maulika Junia Mustika Rani, Bambang Pujiasmanto

Abstract

Penutupan sekolah dan pengalihan pembelajaran menjadi online akibat pandemi COVID-19 menjadi beberapa kebijakan pemerintah Indonesia untuk memutus mata rantai penularan virus, namun disisi lain banyak pelajar terutama di daerah desa mengalami kendala dalam pelaksanaannya. Tujuan program ini adalah mengoptimalkan grup belajar online untuk membantu kesulitan pelajar desa saat diberlakukan penutupan sekolah akibat pandemi COVID-19. Metode yang dilakukan dalam program ini adalah online service learning. Dari program ini dapat grup belajar online dapat dimanfaatkan untuk membantu pelajar dalam menghadapi kesulitan belajar, seperti mengerjakan tugas atau memahami materi pelajaran selama masa pembelajaran online.

Full Text:

PDF

References

Yuliana. 2020. Corona Virus Disease (COVID-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, Vol 2 (1), 187-192.

Purwanto, A. P. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal, Vol 2 (1), 1-12.

Moore, J. L.-D. 2011. E-Learning, Online Learning, adn Distance Learning Environment: Are They the Same. Internet and Higher Education.

Molinda, M. 2005. Intructional Technology and Media For Learning New Jersey. Columbus: Ohio.

Pujilestari, Y. 2020. Dampak Positif Pembelajaran Online dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi COVID-19. Buletin Hukum dan Keadilan, Vol 4 (1), 49-56.

Firman, R. S. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Educational Sciences, Vol 2 (2), 81-89.

Kusuma, J. W. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol 5 (1), 97-106.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.