Penggunaan Children Development Care Box pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi 2 Tempelrejo

Felani Henrianti Priyono, Anisa Nur Fauzi, Dyah Ayu Puspitasari, Maghfirota Auriza, Martanti Viki Fatikasari

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang diberikan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Upaya pemberian rangsangan pendidikan dapat dilakukan dengan menyediakan media yang memadai untuk menunjang keberhasilan dalam pembelajaran. Namun, saat ini masih ditemukan sekolah yang terbatas dalam penyediaan media belajar sehingga aspek perkembangan pada anak usia dini tidak berkembang secara optimal, seperti yang dirasakan oleh TK Pertiwi 2 Tempelrejo, Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim pengabdian ingin menggagas media pembelajaran berupa alat permainan edukatif “Children Development Care Box”. Children development care box dirancang dan dibuat sebagai sumber belajar anak usia dini untuk mendapatkan pengalaman belajar. Pengalaman belajar berguna untuk meningkatkan aspek perkembangan anak yang meliputi aspek perkembangan nilai agama moral (NAM), fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa children development care box dapat meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini di TK Pertiwi 2 Tempelrejo

Full Text:

PDF

References

Ace Suryadi. 2012. Pendidikan, investasi SDM, dan pembangunan: isu, teori, dan aplikasi untuk pembangunan pendidikan dan sumber daya manusia indonesia. Bandung: Widya Aksara Pres.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Depdiknas. 2003. Standar kompetensi pendidikan anak usia dini taman kanak-kanak dan raudhatul athfal. Jakarta: Depdiknas.

Mayke Sugianto. 1995. Bermain, mainan, dan permainan. Jakarta: Depdikbud.

Suryadi. 2007. Cara efektif memahami perilaku anak usia dini. Jakarta: EDSA Mahkota

Refbacks

  • There are currently no refbacks.