Kampung Cinta Lansia Untuk Optimalisasi Peran Bina Keluarga Lansia dalam Mewujudkan Lingkungan Ramah Lansia

Catur Mujiono, Arika Anisa Sholihah, Asih Duwi Mawartini, Faiza Nur Arofah, Aidah Fitriana, Vera Yuliati, Eksa Rusdiyana

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mewujudkan lingkungan ramah lansia dengan dibentuknya Program Kampung Cinta Lansia (KACILA). Program Kampung Cinta Lansia bertujuan untuk (1) menggali dan mengembangkan potensi Bina Keluarga Lansia (BKL) terkait peran sesuai tugas pokok dan fungsi, (2) menjaring kemitraan BKL dengan stakeholder/ lembaga lainnya, serta (3) meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya mewujudkan kesejahteraan lansia. Melalui Program Kampung Cinta Lansia kader BKL dapat meningkatkan kesejahteraan lansia secara dini baik fisik, sosial, maupun meningkatkan produktivitas lansia. Metode pengabdian masyarakat menggunakan pendekatan yang terdiri dari tahap analisis situasi masyarakat, identifikasi masalah, penentuan tujuan kerja, rencana pemecahan masalah, pendekatan sosial, pelaksanaan kegiatan, dan monitoring serta evaluasi kegiatan dan hasil. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi sosialisasi kepada kader Bina Keluarga Lansia (BKL), praktik langsung dengan metode bimbingan coaching clinic, dan pendampingan berkelanjutan. Hasil dari kegiatan ini adalah (1) meningkatnya pengetahuan dan pemahaman BKL mengenai peran dan fungsinya di masyarakat melalui sosialisasi dan perangkat belajar (modul dan video);(2) meningkatnya kemitraan kader BKL dengan stakeholder terkaitĀ  dalam menjalankan peran dan fungsinya; dan (3) meningkatnya kesadaran masyarakat tentang kesejahteraan lansia melalui kegiatan bagi lansia.

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik. 2019. Statistik Penduduk Lanjut Usia 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kota Surakarta. 2018. Kecamatan Jebres dalam Angka 2018. Surakarta: Badan Pusat Statistik.

Bappenas. 2019. Kajian Sektor Kesehatan: Transisi Demografi dan Epidemiologi: Permintaan Pelayanan Kesehatan di Indonesia. Jakarta: Bappenas.

Nurmaslina, H. 2017.Peran Kader Bina Keluarga Lansia dalam meningkatkan Kulaitas Hidup Lansia di Desa Banjarmulya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang.Skripsi.Universitas Negeri Semarang.

Pemerintah Kota Surakarta. 2018. Peraturan Walikota Surakarta No. 20 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia di Kota Surakarta. Berita Daerah Kota Surakarta No. 27 2018. Surakarta: Sekretaris Daerah.

Puskesmas Ngoresan. 2019. Laporan Tahunan Puskesmas Ngoresan. Surakarta: Puskesmas Ngoresan.

Republik Indonesia. 1998. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Peningkatan Kesejahteraan Lanjut Usia. Lembaran Negara RI No. 190, 1998. Jakarta: Sekretaris Negara RI.

SurveyMETER & CAS UI. 2013. Satu Langkah Menuju Impian Lanjut Usia Kota Ramah Lanjut 2030 Kota Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.