Penerapan Selective, Inovative, Profitable dalam Pengelolaan Sampah Plastik Bersama Karang Taruna dan Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga di Kampung Sruni, Kadipiro

Khoerunisa Rohmah, Ade Safitri, Aprivias Rizki Astuti Nurholis, Bthari Prabarini, Shifa Parama Dita Adzani

Abstract

Sampah plastik merupakan permasalahan yang umum terjadi di setiap wilayah, termasuk di Kampung Sruni, Kadipiro. Pemukiman padat penduduk menghasilkan sampah plastik yang melimpah dan masyarakat hanya bisa membuang sampah tanpa diolah menjadi suatu masalah kompleks disini. Ini membuat produksi sampah yang  ada di Kota Surakarta semakin meningkat, mengingat Kampung Sruni yang terletak di kelurahan Kadipiro, Banjarsari memiliki luas wilayah kelurahan terbesar dan jumlah penduduk yang banyak pula. Ini berarti, Kampung Sruni yang masuk dalam kelurahan Kadipiro andil dalam menyumbang sampah rumah tangga yang banyak pula. Perlu adanya upaya yang dilakukan untuk mengurangi dan memanfaatkan kembali sampah plastik, sebagai usaha untuk menjaga lingkungan dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Bank sampah menjadi solusi alternatif yang digunakan dalam pengelolaan sampah, dimana fokus pengelolaannya tertuju pada sampah plastik. Pengelolaan sampah dimulai dari proses pembentukan bank sampah, pengelolaan melalui bank sampah, hingga membuat kerajinan berupa tote bag dari limbah plastik. Program pengabdian masyarakat ini bermitra dengan karang taruna Kampung Sruni RT 01/RW 13, Kadipiro. Metode pendekatan yang digunakan adalah sosialisasi tentang sampah plastik, pengelolaan melalui bank sampah, dan pembuatan tote bag limbah plastik. Beberapa sosialisasi dan praktik dalam program memberikan keterampilan dan ilmu bagi warga mengenai tindakan tepat dalam mengelola sampah plastik. Masyarakat memahami berbagai proses seperti pemilahan sampah hingga pemanfaatan kembali sampah dengan membuat kerajinan tote bag sebagai pengganti kantong plastik belanja. Program pengelolaan sampah plastik melalui bank sampah dengan memperhatikkan penerapan selective, inovative, profitable menghasilkan luaran berupa: (1) tote bag; (2) program bank sampah; (3) buku pedoman; dan (4) video pelaksanaan kegiatan.

Full Text:

PDF

References

https://dispendukcapil.go.id

https://uns.ac.id/id/uns-opinion/larangan-botol-plastik.html

https://www.solopos.com/pengelolaan-sampah-solo-1339-sampah-di-solo-disumbang- plastik-685592

Rudy Yoga Lesmana. 2016. Jurnal Media Ilmiah Teknik Lingkungan. Layanan Persampahan di Kota Surakarta dengan Pemetaan BerbasisSistem Informasi Geografis. Vol. 1. No. 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.