Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam Tsunami melalui Wayang Fabel secara Daring di SD Negeri Rejosari pada Masa Pandemi

Aldi Dwi Saputra, Habib Safillah Akbariski, Ulfa Rizqi Putri, Keken Wulansari, Nurestu Hartanto Legawa, Yoyok Prasetyo, Memet Sudaryanto

Abstract

Anak-anak merupakan salah satu kelompok yang paling rentan berisiko terkena  dampak bencana. Peningkatan pengetahuan untuk sadar terhadap kesiapsiagaan bencana dapat dilakukan dengan sosialisasi melalui wayang fabel secara daring dengan tujuan untuk mengedukasi. Penelitian  ini  merupakan  salah  satu  bentuk  pengabdian  masyarakat  melalui kegiatan  sosialisasi. Target sasaran sosialisasi peneliti  merupakan salah satu sekolah yang terdapat di wilayah rawan bencana,  yaitu SD Negeri Rejosari Gungkidul. Konsep pengemasan sosialisasi yang banyak monoton mendorong inovasi komunikasi yang tepat melalui media daring. Hal ini dapat menjadi alternatif dalam melakukan sosialisasi kesiapsiagaan agar mudah dipahami oleh siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan jumlah siswa yang tahu mengenai mitigasi bencana sebanyak 65%. Luaran kegiatan ini ialah artikel jurnal dalam Sirok Bastra dan video Youtube pada tautan http://bit.ly/YTMitigasiBencana. Pementasan wayang fabel secara daring dapat menjadi video pembelajaran nonformal berbasis kesenian dan budaya bagi siswa sekolah dasar di Kabupaten Gunungkidul. Dalam pembuatan tokoh wayang fabel, memerlukan peralatan dan bahan khusus sehingga anak-anak tidak mengalami kesulitan dan dapat mengkreasikan sesuai imajinasi mereka karena tidak terikat pada pakem dan bersifat ekonomis.

Full Text:

PDF

References

M. R. Pahleviannur, “Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana,” J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 29, no. 1, pp. 49–55, 2019.

D. Jokowinarno, “Mitigasi Bencana Tsunami Di Wilayah Pesisir Lampung,” J. Rekayasa, vol. 15, no. 1, pp. 13–20, 2011.

Disdukcapil Kabupaten Gunungkidul, “Data Agregat Kependudukan Kabupaten Gunungkidul Semester 1 Tahun 2020,” 2020.

BMKG, “Gempa Bumi dan Tsunami,” 2019. [Online]. Available: https://www.bmkg.go.id/gempabumi/gempabumi-terkini.bmkg.

A. Tumanggor, “Pakar Tsunami dari BPPT Sebut Gempa Dahsyat 8,5 hingga 8,8 SR Berpotensi Terjadi di Pulau Jawa,” 2019. [Online]. Available: https://medan.tribunnews.com/2019/07/19/pakar-tsunami-dari-bppt-.

Rinaldi, “Kesiapan Menghadapi Bencana pada Masyarakat Indonesia,” J. Penelit. Psikol., vol. 1, no. 14, 2009.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.