Training Pengembangan Pembelajaran Electronic Commerce Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan

Tri Kuncoro, Khoirudin Asfani, Priyono Priyono

Abstract

Permasalahan guru SMK selama ini masih belum memahami kewirausahaan electronic commerce (e-commerce). Pemahaman penjualan barang dan jasa secara langsung (direct selling) melalui internet, yang penting untuk dipahami guru SMK, untuk diajarkan ke peserta didik secara praktis masih belum cukup dikuasai. Dalam upaya untuk membelajarkan peserta didik melalui belajar kewirausahaan dengan topik electronic commerce, maka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilakukan. PKM ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dalam memahami e-commerce. Metode pelaksanaan pelatihan e-commerce disampaikan menggunakan media video secara daring dan berbasis Whatsapp Group, kemudian dilakukan pretest dan posttest untuk mengetahui perbedaannya. Peserta pelatihan terdiri dari guru SMK yang mengajar mata pelajaran produktif pada SMK Negeri 2 Singosari dan SMK Negeri 1 Kediri. Pemahaman materi praktik kewirausahaan tentang e-commerce sebelum pelatihan dilakukan sangat rendah (31,23%). Setelah melakukan kegiatan pelatihan, diperoleh hasil terkait pemahaman guru, yaitu ada peningkatan pemahaman pada materi praktik kewirausahaan tentang e-commerce, rencana pengembangan e commerce, dan evaluasi pemahaman materi e-commerce, dengan skor 2,70 (69,43%) atau kriteria skor cukup memahami. Simpulan dari kegiatan PKM ini adalah pengembangan dan pelatihan pembelajaran e-commerce mampu meningkatkan pemahaman Guru SMK tentang materi praktik kewirausahaan dengan topik e-commerce.

Full Text:

PDF

References

Kuncoro, T. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Komputer Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keefektifan Pembelajaran Mekanika Statis Tentu. Lemlit Universitas Negeri Malang.

Surya, M. (2007). Mendidik Guru Berkualitas untuk Pendidikan Berkualitas. Kuliah Umum Program Pasca Sarjana Dan PGSD. https://tulisanterkini.com/artikel/pendidikan/7136-mendidik-guru-berkualitas-untuk-pendidikan-berkualitas.html

Pradana, M. (2016). Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Modus, 27(2), 163. https://doi.org/10.24002/modus.v27i2.554

Kozinets, R. V, Valck, K. De, Wojnicki, A. C., & Wilner, S. J. S. (2010). Networked Narratives: Understanding Word-of-Mouth Marketing in Online Communities. Journal of Marketing, 74(2), 71–89. https://doi.org/10.1509/jm.74.2.71

Kagermann, H., Wahlster, W., & Helbig, J. (2013). Securing the future of German manufacturing industry: Recommendations for implementing the strategic initiative INDUSTRIE 4.0. Final Report of the Industrie 4.0 Working Group, April, 1–84.

Turban, E., King, D., & Lee, J. (2002). Electronic Commerce 2006 : A Managerial Perspective.

Turban, E., King, D., Mckay, J., Marshall, P., Lee, J., & D, V. (2008). Electronic Commerce: A Managerial Perspective.

Shaw, M., Hodgkins, P., Caci, H., Young, S., Kahle, J., Woods, A. G., & Arnold, L. E. (2012). A systematic review and analysis of long-term outcomes in attention deficit hyperactivity disorder: effects of treatment and non-treatment. BMC Medicine, 10, 99. https://doi.org/10.1186/1741-7015-10-99

Turban, E., Outland, J., King, D., Lee, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. C. (2018). Electronic Commerce 2018. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-58715-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.