Kampung Nelayan Berdasi: Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Solok Oseng Dalam Meningkatkan Nilai Jual Hasil Perikanan

Muhammad Nurhidayatur Rozikin, Nashrul Millah, Diana Kartika Novia Putri

Abstract

Desa Solok Oseng merupakan salah satu kampung nelayan  yangs berada di Kawasan  Sungai  Somber,  Kota  Balikpapan. Permasalahan  kesejahteraan  masyarakat  nelayan  di daerah tersebut timbul  karena  ketidakpahaman  masyarakat  terhadap  cara  mengelola potensi  laut  yang  ada.  Nelayan  tidak  mampu  untuk  menjual  hasil  tangkapan mereka  dengan harga  tinggi  karena  banyaknya  rantai  tengkulak. Program “Perkampungan  Nelayan  Berdasi”  adalah  program  yang  dilakukan  untuk meningkatkan   kesejahteraan   masyarakat   Desa   Solok   Oseng   dengan   cara mengolah  hasil  laut  nelayan  menjadi  produk  yang  memiliki  nilai  lebih serta memutus rantai tengkulak. Program Kampung Nelayan Berdasi berfokus pada pengembangan  kewirausahaan  berbasis  hasil  potensi  laut  Desa  Solok  Oseng dengan   melakukan pelatihan   dan   pemberdayaan   masyarakat   tentang   cara mengembangkan produk hasil perikanan. Hasil pemberdayaan masyarakat yaitu adanya  peningkatan pemahaman  masyarakat  tentang potensi dan pengolahan hasil laut menjadi produk yang memiliki nilai tambah. Peningkatan  ini  dibuktikan  dengan  hasil  perbandingan  nilai  pre  test  dan  post test   program   yang   mengalami   peningkatan.   Kemudian   indeks   kepuasan masyarakat   yang   mencapai   95%   melalui   survei   pasca   program dengan melakukan penyebaran kuesioner dengan total 30 responden

Full Text:

PDF

References

Pemerintah Kota Balikpapan. 2012. Perda Kota Balikpapan No. 12 Tahun 2012 tentang Pembentukan Tujuh Kelurahan Dalam Wilayah Kota Balikpapan. Balikpapan: Sekretariat Daerah Kota Balikpapan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2020. Laporan SKPT Kota Balikpapan. Balikpapan: BKIPM Kota Balikpapan.

Rustam. 2020. Kondisi Kampung Nelayan Berdasi. Hasil Wawancara: 10 September 2020, Desa Solok Oseng Kariangau Balikpapan.

Menristekdikti. 2016. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi X Tahun 2016. hlm. 4.

Kotler, K. 2009. Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Aaker dan Biel. 1993. Brand Equity and Advertising: Advertising's Role in Building Strong Brand. New Jersey: Lawrence Erlbaum

Refbacks

  • There are currently no refbacks.