FENOMENA KEBERAGAMAN BAHASA DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Nandita Wana Putri

Abstract

Keberagaman masyarakat Kota Bandar Lampung menimbulkan ragam bahasa yang dipakai oleh masyarakat setempat dan mempengaruhi bahasa daerah yang ada di Kota Bandar Lampung itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena keberagaman bahasa yang terjadi di masyarakat Kota Bandar Lampung dan faktor apa saja yang mempengaruhi adanya fenomena dari keberagaman bahasa yang hidup di Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek Penulis menggunakan data sebanyak 61 data dan menggunakan teknik wawancara dengan penyebarkan angket atau kuesioner. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa keberagaman bahasa yang terjadi pada masyarakat Kota Bandar Lampung disebabkan oleh mayoritas penduduk yang mendiami wilayah Kota Bandar Lampung berasal dari beragam suku. Dari hasil keseluruhan pada penelitian ini diperoleh data bahwa bahasa yang paling dominan dipakai di Kota Bandar Lampung adalah bahasa Indonesia 78,7%, Bahasa Lampung 11,5%, dan Bahasa Jawa 8,2%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penutur asal daerah Lampung tidak menjadi dominan di tempat asalnya serta fenomena keberagam bahasa di masyarakat kota Bandar Lampung disebabkan oleh masyarakat yang multikultural sehingga mendorong intensitas penggunaan bahasa Indonesia sangat tinggi dan menyebabkan bahasa daerah Lampung semakin lemah dalam penggunaannya dibandingkan dengan bahasa lainnya.

Keywords

keberagam bahasa; faktor penyebab ragam bahasa; sosiolinguistik

Full Text:

PDF

References

Atmawati. (2009). Struktur wacana dakwah dai terkemuka Indonesia. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Tidak diterbitkan.

Chaer, A. & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Djatmika. (2006). Bercerita dan perkembangan bahasa anak. Dalam presentasi seminar Internasional KOLITA. Atma Jaya Jakarta, 15-16 Februari 2006.

Djatmika. (2014). Pernik kajian wacana. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fandini, Intan. (2018) Penguasaan struktur teks dan unsur kebahasaan cerita fantasi siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Halliday, M.A.K., & Hasan, R. (1976). Cohesion in english. London: Longman Group Ltd.

Hidayati. (2014). Variasi bahasa lisan pedagang kaki lima dalam lingkungan alun-alun Kapuas. (artikel online). http://dedehida.blogspot.com/2014/12/variasi-bahasa-lisan-pedagang-kaki-lima.html

Kridalaksana, H. (2008). Kamus linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawati, Vivit &Siroj, Badrus M. (2019). “Ragam bahasa anak tunarungu dalam interaksi sosial di SLB Negeri Ungaran”. Jurnal Sastra Indonesia, Vol. 8, No. 3, 2019.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Beverly Hills: Sage Publication.

Misfardi. (2020). Pengaruh keberagaman dialek bahasa Aceh terhadap interaksi sosial mahasiswa UIN Ar-Raniry. Skripsi, Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri (Uin) Ar-Raniry Darussalam - Banda Aceh.

Moon, Yuliana Jetia. (2018). Keragaman berbahasa berdasarkan jenis kelamin pada bahasa manggarai Dialek Ruteng. PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 1(1), 64-70.

Putri, Nandita Wana. (2018). Pergeseran bahasa daerah Lampung pada masyarakat kota Bandar Lampung. Prasasti: Journal of Linguistics, Vol. 3, No. 1, April 2018.

Rahayu Lestari, Sri. (2018). Analisis struktur teks cerita pendek pada tulisan siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Diploma thesis, BAHASA DAN SASTRA INDONESIA.

Rahmadina, Bararah. (2019). Penggunaan variasi bahasa dalam media sosial instagram pada akun @awkarin: Kajian Sosiolinguistik. Skripsi, Universitas Airlangga.

Safitri, Rekha Audina. (2019). Analisis ragam bahasa gaul remaja di Desa Sidodadi Pasar V Dusun di Jalan Ampera Batang Kuis Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang: Kajian Sosiolinguistik. Skripsi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Dasar-dasar penelitian kualitatif: Tata langkah dan tekhnik-tekhnik teoritisasi data (Basis of qualitative reesearch: Grounded research produres and techniques) (M. Shodiq & I. Muttaqien,Trans). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sudaryati, Sri. (2018). “Variasi keformalan dalam wacana kelas mahasiswa angkatan 2016 kelas A Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Tadulako”. Jurnal Bahasa dan Sastra,Vol. 3 No. 5.

Sumarsono dan Paina Partana. (2004). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.

Sutopo, H. B. (2002). Metodologi penelitian kualitatif: Dasar teori dan terapannya dalam penelitian (qualitative research methodology: Basic theories and their application to reasearch). Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.