ELIPSIS DALAM CERPEN KOMPAS "GERIMIS YANG SEDERHANA" KARYA EKA KURNIAWAN

Merty Karlina Sari, Sumarlam Sumarlam

Abstract

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah karya sastra, seperti cerpen menjadi menarik dibaca, di samping isi ceritanya. Salah satunya adalah teknik penulisannya. Seperti Eka Kurniawan yang menulis karya-karyanya menggunakan bahasa yang sederhana dan menggunakan tema-tema yang simple tapi menarik saat dibaca. Salah satu karyanya ialah Cerpen Gerimis yang Sederhana yang diawali dengan bahasa yang ringan dan diselipi humor pada bagian akhir cerita. Pada penelitian ini, peneliti memilih cerpen Gerimis yang Sederhana sebagai sumber data. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan dan menganalisis elipsis pada cerpen Kompas yang berjudul Gerimis yang Sederhana karya Eka Kurniawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan teknik catat. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Agih dengan teknik dasar BUL (Bagi Unsur Langsung) dan teknik lanjutannya teknik sisip atau interupsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat elipsis berbentuk kata, frasa, klausa dan kalimat dalam cerpen Gerimis yang Sederhana karya Eka Kurniawan.

Keywords

literature; short story; kompas; ellipsis

Full Text:

PDF

References

Afrisia, I. (2015). Serpihan Cerita Sederhana Eka Kurniawan. Retrieved from http://m.cnnindonesia.com.

Ariyani, F. (2014). Distirbusi Verba Berprefiks {N-} pada Bahasa Lampung dalam Kitab Kuntara Raja Niti dan Buku Ajar: Kajian Morfologi. RANAH Jurnal Kajian Bahasa, 3(2), 124-134.

Azis, A., & Juanda, J. (2017). Kohesi Gramatikal: Kajian Keutuhan Wacana Tugas Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 45(2), 170-180.

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Mocliono, A. M. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djajasudarma, T. F. (2009). Wacana: Pemahaman dan Hubugan antar Struktur. Bandung: PT Eresco.

Fransiska, I. D. A. I., Savitri, P. W., & Sukarini, N. W. (2017). Elipsis and English Coordinated Clauses in the Novel Entitled “Rowan’s Mil” by Elizabeth Walker. Jurnal Humanis Fakultas Ilmu Budaya Unud, 18(2), 234-243.

Ilham, B. N., Sumarlam, S., & Kristina, D. (2016). Kepaduan Wacana Lisan Talk Show Indonesia Lawyers Club (Ilc) Secara Kohesif. PRASASTI: Journal of Linguistics, 1(2), 271-288.

Izar, J., Afria, R., & Sanjaya, D. (2019). Analisis Aspek Gramatikal dan Leksikal pada Cerpen Ketek Ijo Karya M. Fajar Kusuma. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 2(1), 55-72.

Kaelan. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama, dan Humaniora. Yogyakarta: Paradigma.

Kridalaksana, H. (1993). Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia.

Parrot, M. (2004). Grammar for English Language Teacher. Cambridge: Cambridge University Press.

Priadi, A. (2014). The Analysis of Ellipsis within the Jakarta Post Cartoons: A Case Study. Ahmad Dahlan Journal of English SStudies (ADJES), 1(1-2), 60-67.

Quirk, R., & Greenbaum, S. (1973). A University Grammar of English. London: Longman Group Ltd.

Sudaryanto. (1993). Metode Linguistik. Yogyakarya: Gadjah Mada University Press.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugono, D. (2019). Sintaksis Bahasa Indonesia : Pelesapan Subjek. Jakarta Pusat: Gramedia Pustaka Utama.

Sumarlam. (2019). Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.

Tarigan, H. G. (2009). Analisis Wacana. Bandung: Angkasa.

Zanah, S. W. S., Djatmika, D., & Wiratno, T. (2018). Kohesi Gramatikal dan Leksikal dalam Kumpulan Jokes "The God Loves Golfers" Karya Ray Foley. PRASASTI: Journal of Linguistics, 3(1), 130-138.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.