https://jurnal.uns.ac.id/pdg/issue/feedBio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi2023-08-02T11:20:22+07:00Bowo Sugihartobowo@staff.uns.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Bio-Pedagogi memfasilitasi publikasi penelitian ilmiah di bidang: Pembelajaran biologi; Pengembangan sumber belajar dan bahan ajar biologi; Media pembelajaran biologi; Pengajaran dan evaluasi pembelajaran biologi; Kurikulum, serta keprofesian guru biologi.</p><p>Jurnal Bio-Pedagogi diterbitkan oleh S2 pendidikan Biologi, bekerjasama dengan Himpunan Pendididik dan Peneliti Biologi Indonesia (HPPBI), serta Konsorsium Pendidikan Biologi Indonesia (KPBI).</p>https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/68134Analisis kesulitan belajar daring pada mata pelajaran biologi siswa kelas xi sman 2 mandau tahun ajaran 2021/20222023-08-02T11:20:22+07:00Prida JuniartiPridajuniarti0606@gmail.comMellisa Mellisamellisabio@edu.uir.ac.id<span lang="IN">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar daring pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMAN 2 Mandau. Penelitian ini dilaksanakn pada bulan Januari-</span><span>Maret</span><span lang="IN"> 2022. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei pada siswa kelas XI SMAN 2 Mandau Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling secara acak (simple random sampling). Jumlah sampel penelitian adalah 122 siswa. Instrumen pada penelitian yang digunakan berupa angket kesulitan belajar daring yang terdiri dari 30 item pernyataan dan telah divalidasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan angket yang di sebarkan secara langsung di dalam kelas. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa faktor penyebab kesulitan belajar daring pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI adalah indikator pertama kendala teknis signal dan ketidakmampuan belajar daring 70,76% kategori kuat, indikator kedua pelaksanaan interaksi, tugas, dan bahan ajar dalam belajar daring 67,33% kategori kuat, indikator ketiga stake holder membantu pemerintah, sekolah, wali murid dalam belajar daring 69,55% kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kesulitan belajar daring pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMAN 2 Mandau Tahun Ajaran 2021/2022 memiliki nilai rata-rata persentase sebesar 69,21% dikategorikan kuat.</span>2023-04-28T13:44:30+07:00Hak Cipta (c) {$ copyrightYear} {$ copyrightHolder}https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/69720Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada pembelajaran ekologi sma kelas x2023-08-02T11:20:22+07:00Alfin Amanatus Sa'adahalfinamanatus09@gmail.comPuguh Karyantopuguhkaryanto@fkip.uns.ac.idNurmiyati Nurmiyatinurmiyati@staff.uns.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan multimedia interaktif berbasis <em>articulate storyline </em>pada pembelajaran ekologi SMA kelas X. ; (2) menguji kelayakan multimedia interaktif berbasis <em>articulate storyline </em>pada pembelajaran ekologi SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian <em>Research and Development</em> (R&D) dengan <em>Four-D Models</em> (4D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dalam penelitian ini dimodifikasi menjadi <em>Three-D Models</em> (3D). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan karakteristik multimedia interaktif berbasis <em>articulate storyline</em> ekologi, yaitu memiliki media bersifat interaktif, media bersifat mandiri dan pendalaman konsep ekologi. Karakteristik multimedia interaktif berbasis <em>articulate storyline </em>ekologi memfasilitasi pembelajaran ekologi populasi, ekologi komunitas, dan ekologi ekosistem. Kelayakan media menunjukkan penilaian sebesar 89% dari ahli media, 89% dari ahli pembelajaran, 92% dari respon praktisi/ guru dan 95% dari respon siswa. Disimpulkan bahwa media layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi pada materi ekologi KD 3.10 kelas X.</p><p> </p><p>EN</p><p><strong>The development of interactive multimedia based on <em>articulate storyline</em> at ecology learning for class x high school. </strong>This study aims to: (1) develop an interactive multimedia based on articulate storylines at ecology learning for class X high school. ; (2) to test the feasibility of an interactive multimedia based on articulate storylines at ecology learning for class X high school. This research is a Research and Development (R&D) with a Four-D Models (4D) by Thiagarajan, in this study was modified into Three-D Models (3D). The data collection technique was carried out by questionnaire. The data analysis technique used is descriptive analysis. The results of research and development showed the characteristics of interactive multimedia based on articulate storylines are having interactive media, independent media, and deepening of ecological concepts. The characteristics of interactive multimedia based on articulate storylines that facilitate learning about population ecology, community ecology, and ecosystem ecology.<em> </em>The feasibility of the media showed an assesment of 89% from media experts, 89% from learning experts, 92% from practitioner/teacher responses and 95% from student responses. It was concluded that the media was suitable to be used as a medium for learning biology in the KD 3.10 class X ecology material.</p>2023-08-02T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) {$ copyrightYear} {$ copyrightHolder}