KURIKULUM SMK DALAM MENGHADAPI ERA DISRUPSI TENAGA KERJA SERTA TANTANGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI

Daniel Jesayanto Jaya, Taufik Wisnu Saputra, Putu Sudira, Nuryadin Eko Raharjo

Abstract

Tingginya Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menyatakan secara langsung bahwa lulusan SMK saat ini masih belum kompeten. Ketidakkompetenan ini merujuk pada kurikulum yang masih kurang berhasil dalam menghasilkan tenaga kerja terampil yang dibutuhkan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Era disrupsi tenaga kerja juga menjadi tantangan bagi SMK di samping masalah-masalah lainnya dan berkaitan erat dengan Revolusi Industri 4.0. Menghadapi tantangan ini SMK harus menyusun kurikulum yang tepat di era disrupsi tenaga kerja dunia usaha dan dunia industri. Kurikulum yang tepat sesuai dengan kebutuhan saat ini akan membantu lulusan SMK diterima bekerja di Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Keywords

Kurikulum SMK; Era Disrupsi Tenaga Kerja,;Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Full Text:

PDF

References

Ali, M., (2009). Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional (Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi). Jakarta : PT. Imperial Bhakti Utama

Arifin, Z. (2017). Kerjasama Kemitraan Sebagai Upaya Pengembangan Tenaga Kerja Dalam Menghadapi Tantangan Global. In Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif (p. 1)

Badan Pusat Statistik (2024). Berita Resmi Statistik: Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2024. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Billet, S. (2009). Changing Work Practice: The Consequences for Vocational Education. In Rupert Maclean, David Wilson, Chris Chinien (Eds.), International handbook of education for the changing world of work, bridging academic and vocational learning (pp.175-187). Bonn: Springer Science+Business Media.

Clarke, L and Winch, C. 2007. Vocational education international approach, development and system. New York: Routledge.

Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010. Jakarta: Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional

Djojonegoro, W., & Slamet. (1998). Pengembangan Sumberdaya Manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Fadhrotul Mukaromah, V., & Hardiyanto, S. (2019, December 11). Ganti UN dengan Merdeka Belajar, FSGI: Jangan Hanya Mengganti Nama. Kompas.com. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2019/12/11/182018565/ganti-un-dengan-merdeka-belajar-fsgi-jangan-hanya-mengganti-nama

Finch, C. R., & Crunkilton, J. R. (1999). Curriculum Development in Vocational and Technical Education. Planning, Content, and Implementation. Allyn and Bacon, 160 Gould Street, Needham Heights, MA 02494.

Jac Fitz-enz, (2000). The ROI of Human Capital: Measuring the Economic Value of Employee Performance. New York: AMACOM

Jatmoko, D. (2013). Relevansi Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Terhadap Kebutuhan Dunia Industri di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Jaya, D. J., & Raharjo, N. E. (2021). Pengembangan Modul Pendidikan dan Pelatihan Materi Perencanaan Perkerasan Jalan pada Perusahaan Jasa Konstruksi. Edcomtech, 6(1), 162-172.

Jaya, D. J. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Mekanika Teknik Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Yogyakarta. Journal on Education, 5(3), 9741-9752.

Jaya, D. J., Yusuf, A. M., & Rahmah, N. L. (2023). Evaluasi Implementasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Kabupaten Sleman. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(1), 25-34.

Jaya, D. J., Saputra, T. W., Sudira, P., Triyono, M. B., Sutarto, S., Arifah, S., Rahmah, N.L., Yusuf, A. M., & Diella, S. K. (2024). Komparasi Keterserapan Kerja Lulusan SMK Kompetensi Keahlian TGB di DIY. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 10(1), 38-45.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. (2022). Peraturan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2022 tentang Strategi Nasional Pendidikan Vokasi Dan Pelatihan Vokasi. Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. (2023). Peraturan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2023 tentang Pedoman Pembentukan Tim Koordinasi Daerah Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi. Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Khasali, R. (2017). Meluruskan Pemahaman soal Disruption. Diakses pada 07 Desember 2019. Diambil dari https://ekonomi.kompas.com/read/2017/05/05/073000626/meluruskan.pemahaman.soal.disruption.

Louis L . Warren and Henry A. Peel. (2001). Collaborative Model For School Reform Thought A Rural School/University Partnership. Education Journal Vol. 126 No. 2

Mega Purnamasari, D., & Erdianto, K. (2019, December 11). Serikat Guru Setuju Kebijakan Nadiem Hapus UN, Tapi... Kompas.Com. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2019/12/11/18095241/serikat-guru-setuju-kebijakan-nadiem-hapus-un-tapi?page=all#page2

Presiden Republik Indonesia. (2016). Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia. Jakarta: Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Presiden Republik Indonesia. (2022). Peraturan Presiden Republik Indonesia No 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia

Primartadi, A. (2017) Relevansi Kompetensi Pendidikan Kejuruan Dengan Industri Untuk Mengantisipasi Pengangguran Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. In Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif (p. 22).

Nugraheny, D. E., & Rastika, I. (2019, December 11). Selain Hapus UN, Nadiem Makarim Ubah Metode USBN Mulai Tahun Depan. Kompas.com. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2019/12/11/17115341/selain-hapus-un-nadiem-makarim-ubah-metode-usbn-mulai-tahun-depan

Rose, C. P., & Nicholl, M. J. (1998). Accelerated Learning For The 21st Century: The Six-Step Plan To Unlock Your Master-Mind. Dell Books.

Rosyadi, S. (2018). Revolusi Industri 4.0: Peluang dan Tantangan bagi Alumni Universitas Terbuka. Diakses pada 07 Desember 2019. Diambil dari sumber https://www. researchgate.net/publication/revolusi-industri-40.

Rychen, D.S. (2009). Key Competencies: Overall Goals For Competence Development: An International And Interdisciplinary Perspective. In Rupert Maclean, David Wilson, Chris Chinien (Eds.), International handbook of education for the changing world of work, bridging academic and vocational learning (pp.2571-2584). Bonn: Springer Science+Business Media.

Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. Crown Business Press.

Sekretariat Kabinet R.I. (2003). Undang-Undang No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Setkab R.I.

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260-271

Sudira, Putu. (2018). Metodologi Pembelajaran Vokasional Abad XII: Inovasi, Teori dan Praksis. Yogyakarta: UNY Press

Sudira, Putu. (2017). TVET Abad XXI : Filosofi, Teori, Konsep, dan Strategi Pembelajaran Vokasional. Yogyakarta: UNY Press.

Sulipan, (2004). Pengelolaan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi kejuruan pada Sekolah Menengah Kejuruan. Abstrak Disertasi. Bandung : PPS-UPI. Diakses pada 15 Desember 2019. http:/pages-yourfavorite.com/ppsupi/disertasi2004.html.08-2006)

Sumirat, Y. C. (2018, May). Pentingnya Pendidikan Kejuruan Berorientasi Pasar Tenaga Kerja. In Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif.

Sutarto (2017). Desain Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: UNY Press.

UNESCO-UNEVOC.(2018). World TVET Database. Diunduh pada 15 Desember 2019. https://unevoc.unesco.org/wtdb/worldtvetdatabase_aus_en.pdf

UNESCO-UNEVOC.(2013). World TVET Database. Diunduh pada 15 Desember 2019. https://unevoc.unesco.org/wtdb/worldtvetdatabase_deu_en.pdf

Wagiran. (2008). Butir-butir Pemikiran Pengembangan Pendidikan Vokasi secara Holistik. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Internasional Revitalisasi Pendidikan Kejuruan dalam Pengembangan SDM Nasional. Diselenggarakan oleh Aptekindo di Universitas Negeri Padang.

Wasliah, E. S. (2019). Kurikulum SMK Harus Disesuaikan dengan Kebutuhan Industri. Galamedianews.com. Retrieved from https://www.galamedianews.com/?arsip=229839&judul=kurikulum-smk-harus-disesuaikan-dengan-kebutuhan-industri

Refbacks

  • There are currently no refbacks.