UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MOTOR BAKAR MAHASISWA PRODI PTM FKIP UNS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED LEARNING

Rima Arum Maryani, Ranto Ranto, Towip Towip

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran flipped learning dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Prodi PTM FKIP UNS pada mata kuliah motor bakar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester II Prodi PTM FKIP UNS kelas Motor Bakar A yang berjumlah 42 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Juli 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar motor bakar pada mahasiswa Prodi PTM FKIP UNS melalui penerapan model pembelajaran flipped learning. Hal ini ditunjukkan oleh persentase nilai rata-rata prestasi belajar berturut-turut pada setiap siklusnya yaitu pra siklus sebesar 9,24%, siklus I sebesar 16%, siklus II sebesar 31,52%, dan siklus III sebesar 58%. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran.

Keywords

flipped learning, prestasi belajar, motor bakar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.