EVALUASI PEMBELAJARAN PRAKTIK PENGELASANAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

Raksi Pandu Wardhana, Alfian Qoulan Syadidan, Fatah Ari Sri Wahyudi, Nadia Eka W, Nisa Insiroh, Indah Widiastuti, Sihwadi Sihwadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan analisis dan informasi problematika dan alternatif pemecahan masalah pembelajaran pengelasan pada Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan studi literatur dengan menggabungkan pendapat penelitian terdahulu.  Metode observasi dengan melakukan pengamatan langsung pada saat pelaksanaan Praktik Pengenalan Lapangan(PPL) dan melakukan pengamatan secara langsung sesuai dengan kondisi yang ada pada lapangan di SMK Muhamadiyah 1 Surakarta dengan siswa kelas X.  Dari data yang diperoleh penerapan pembelajaran pengelasan pada Kurikulum Merdeka ditemui permasalahan yang saling berkaitan yaitu mengenai pengelolaan kelas, materi pembelajaran dan interaksi antara guru dengan murid. Untuk itu penulis mengambil ketiga permasalahan tersebut sebagai bahan observasi yang dimana nantinya di luruskan sesuai dengan tujuan dari Kurikulum Merdeka dimana pembelajaran yang diharapkan adalah student center. Hasil dari observasi ini dapat disimpulkan bahwa dengan mengkaji ulang mengenai pengelolaan kelas, penyusnan materi ajar sesuai perangkat pembelajaran, melakukan hubungan interaksi antara guru dengan siswa dengan baik, peningkatan dalam inovasi dan kekreatifan guru dalam merancang model dan media pembelajaran yang lebih interaktif bagi siswa serta menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna  maka tujuan dari pembelajaran pengelasan sesuai dengan Kurikulum Merdeka dapat tercapai dengan baik

Keywords

Kurikulum Merdeka; Interaksi; Cooperative Learning; Learner-centered approach

Full Text:

PDF

References

Arumsari, D. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 5 Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 13. https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1290 Cheang, Kai I. 2009. Effect of Learner-Centered Teaching on Motivation and Learning Strategies in a Third-Year Pharmacotherapy Course. American Journal of Pharmaceutical Education, 2009; 73(3) Article 42 Hasibuan, & Moedjiono. (2006). Proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Manik, H., Sihite, A. C., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328-332 Qudsyi, H., Indriaty, L., Herawaty, Y., Saifullah, -, Khaliq, I., & Setiawan, J. (1970). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma. Proyeksi, 6(2), 34. https://doi.org/10.30659/p.6.2.34-49 Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta Sutikno, Sobry. 2009. Belajar Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Bandung: Prospect Suyatno. (2008). Perencanaan Pengajaran. Surakarta: UNS Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.