EFIKASI DAN TANGGUNG JAWAB GURU KEJURUAN SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA GURU KEJURUAN BIDANG PEMESINAN DI KOTA SURAKARTA

Putri Ari Kurniawati, Yuyun Estriyanto, Ngatou Rohman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat efikasi dan tanggung
jawab guru kejuruan bidang teknik pemesinan di Kota Surakarta dalam
pembelajaran selama pandemi. Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif
bersifat deskriptif eksploratif. Peneliti juga mengambil beberapa buku, artikel,
jurnal, dan skripsi lain sebagai penunjang dalam penelitian. Teknik pengumpulan
dalam penelitian ini berupa teknik sampling dan angket/kuisioner. Teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik descriptive kuantitatif
presentase. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu peneliti menemukan: (1) guru
dengan gender laki-laki memiliki tingkat efikasi dan tangung jawab yang
besar dengan rata-rata (85,13%) untuk efikasi dan (88,2%) untuk
presentase tanggung jawab, (2) bahwa guru dengan usia 40-50 tahun
memiliki tingkat efikasi dan tanggung jawab yang tinggi,(3) guru dengan
masa kerja >20 tahun memiliki nilai efikasi dan tanggung jawab tinggi, (4)
guru dengan status kepegawaian PNS mendapatkan nilai efikasi dan
tanggung jawab tinggi dengan prosentase ratarata sebesar (80,28%), (5)
guru yang memiliki tingkat pendidikan terakhir S1 memiliki tingkat efikasi
dan tanggung jawab yang tinggi dengan prosentase sebesar (92,47%).

Keywords

Efikasi Guru, Pembelajaran, Pandemi, Tanggung Jawab Guru

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta Bandura, Albert .(1986). Social Foundations of thought and action: a social cognitive theory. New Jersey:Englewood Cliffs, Prentic Bandura, Albert. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman and Company, New York Bandura, A. (1994). Self-efficacy. of V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of human behavior (Vol. 4, pp. 7181). New York: Academic Press. (Reprinted dalam H. Friedman [Ed.], Encyclopedia of mental health. San Diego: Academic Press, 1998) Bank Dunia, (2020) Education Services during the COVID-19 Pandemic, Indonesia COVID-19 Observatory Brief. No. 8, World Bank, Washington, DC.,. Bhebeb Oscar. D, S. (2019). Pengaruh Grooming Pada Customer Relations Coordinator (CRC) Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Astra international TBK Toyota Sales Operation (Auto2000) Pasteur Bandung. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 5 Data UNICEF. (2021) COVID-19: Menuju respons dan pemulihan COVID-19 yang berfokus pada anak: Seruan aksi. UNICEF Gibson, S., & Dembo, M. (1984). Teacher efficacy: A construct validation. Journal of Educational Psychology, 76, 569–582 Glaser, G., BarneyandAnselm Straus.(2006). The Discovery of Grounded Theory, Strategies For Qualitative Research. London: Aldine Transaction. Guskey, T. (1981). Measurement of responsibility teachers assume for academic successes and failures in the classroom. Journal of Teacher Education, 32, 44-51 Guskey, T. (1984). The influence of change in instructional effectiveness upon the affective characteristics of teachers. American Educational Research Journal, 21, 245–259 Guskey, T. (1987). Context variables that affect measures of Efiaksi guru. Journal of Educational Research, 81(1), 41–47. Guskey, T. (1988). Teacher efficacy, self-concept, and attitudes toward the implementation of instructional innovation. Teaching and Teacher Education, 4(1), 63–69 Guskey, T. R. dan Passaro, P.D. (1994). Teacher efficacy a study of construct dimensions. American Educational Research Journal, 31, 627—643 Hadi, S. (2017). Analisis butir untuk instrumen. Yogyakarta : Andi Offset Jumari., Yudana. M. D., & Sunu, I. G. K. A. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi, Efikasi Diri, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMK Negeri Kecamatan Denpasar Selatan. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4 (1) Klassen, R. M. dan Chiu, M. M. (2010). Effects on teachers’ self-efficacy and job satisfaction: Teacher gender, years of experience, and job stress. Journal of Educational Psychology, 102(3), 741— 756 Kooij, D., de Lange, A., Jansen, P., dan Dikkers, J. (2008). Older workers’ motivation to continue work: Five meanings of age. Journal of Managerial Psychology, 23(4), 364—394 Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, , diakses pada 7 Mei 2021. Komnas Perempuan, Komisi Nasional Anti-Kekerasan terhadap Perempuan, Catatan Tahunan 2021, Jakarta, 2021. Lauermann, F., & Karabenick, S. A. (2011). Taking teacher responsibility into account(ability): Explicating its multiple components and theoretical status. Educational Psychologist, 46(2), 122-140 Lee, V. E., & Loeb, S. (2000). School size in Chicago elementary schools: Effects on teachers’ attitudes and student achievement. American Educational Research Journal, 37(1), 3–32 Moleong, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Moleong. Lexy J. (1994). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), Programme for International Student Assessment (PISA) 2018. Patton, Michael Quinn. (2002). Qualitative Research & Evaluasi Methods. London: Sage Publications. Rose, J., & Medway, F. (1981). Measurement of teachers' beliefs in their control over student outcome. Journal of Educational Research, 74 (3), 185-190. SAKERNAS, 2020, <https://www.bps.go.id/indicator/6/1186/1/%tase-usia-muda-15-24-tahun-yang-sedang-tidak- sekolah-bekerja-atau-mengikuti-pelatihan.html> Satgas COVID-19 Indonesia, , diakses pada 25 Mei 2021. Tschannen-Moran, M., & Hoy, A. W. (2001). Efiaksi guru: Capturing an elusive construct. Teaching and Teacher Education, 17(7), 783-805. U-Report, Rencana Kembali Ke Sekolah di Masa COVID-19, UNICEF, 2020 www.indonesia.ureport.in/opin- ion/4283/ UNICEF, UNDP, Prospera, dan SMERU, Analisis Dampak Sosial dan Ekonomi COVID-19 terhadap Rumah Tangga dan Rekomendasi Kebijakan Strategis untuk Indonesia, Jakarta, 2021. Ulfatin, Nurul. (2013). Metode Penelitian Kuialitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Yarrow, N., Masood, E., Afkar, R., Estimates of COVID-19 Impacts on Learning and Earning in Indonesia: How to Turn the Tide, World Bank, Washington, DC., 2020. Yada, A., Tolvanen, A., dan Savolainen, H. (2018). Teachers’ attitudes and self-efficacy on implementing inclusice education in Japan and Finland: A comparative study using multi- group structural equation modeling. Teaching and Teacher Education, 75, 343—355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.