ANALISIS PENGALAMAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN DALAM MAGANG INDUSTRI DITINJAU DARI ASPEK KNOWLEDGE, SKILL DAN ATTITUDE

Puput Nur Kasanah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui tingkat pengalaman belajar mahasiswa setelah melaksanakan program magang industri ditinjau dari aspek knowledge, (2) mengetahui tingkat pengalaman belajar mahasiswa setelah melaksanakan program magang industri ditinjau dari aspek skill, (3) mengetahui tingkat pengalaman belajar mahasiswa setelah melaksanakan program magang industri ditinjau dari aspek attitude. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan nonprobability sampling yaitu total sampling dengan jumlah partisipan sebanyak 71 mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner / angket. Teknik uji validitas dilakukan dengan membandingkan nilai r hitung dengan nilai r tabel. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, tingkat pengalaman belajar mahasiswa aspek knowledge (pengetahuan) setelah melaksanakan magang industri memiliki nilai rata-rata 30,2535 dengan frekuensi sebanyak 45 mahasiswa dan persentase 63,4% berada dalam kategori tinggi. Kedua, tingkat pengalaman belajar mahasiswa aspek skill (keterampilan) setelah melaksanakan magang industri memiliki nilai rata-rata 35,1268 dengan frekuensi sebanyak 35 mahasiswa dan persentase 49,3% berada dalam kategori tinggi. Ketiga, tingkat pengalaman belajar mahasiswa aspek attitude (sikap) setelah melaksanakan magang industri memiliki nilai rata-rata 40,5915 dengan frekuensi sebanyak 43 mahasiswa dan persentase 60,6% berada dalam kategori tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi program studi dalam evaluasi program magang industri.

Kata kunci : Magang industri, pengalaman belajar, knowledge, skill, attitude

Keywords

Magang industri; pengalaman belajar; knowledge; skill; attitude

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.