HUBUNGAN LINGKUNGAN FISIK BENGKEL DAN BUDAYA KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK PEMESINAN BUBUT SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 GONDANGREJO
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agbozo, G. K., Owusu, I. K., Mabel, A., & Atakora, Y. B.,(2017). Effect of the Work Environment on Job Satisfaction: Evidence from Banking Sector in Ghana. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia. Diperoleh februari 2019, dari http://www.sciencepublishinggroup.com/j/jhrm
Ahyari, Agus. (2003). Manajemen Produksi. Yogyakarta : BPFE
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Baharuddin, F. R., & Palerangi, A. M. (2017). Analisis Ergonomi Lingkungan Fisik Bengkel Kerja Program Keahlian Teknik Permesinan SMK di Kota Makassar. Teknologi Volume 17 No. 1 Oktober 2017. Diperoleh Februari 201499, dari https://ojs.unm.ac.id/
Dayakisni, Tri. (2008). Psikologi Lintas Budaya. Malang: UMM Press.
Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok : Rajawali Pers.
Ghufron, A., Suwarna, Sudiyanto, Sunarto, S., Andayani, S., Setiadi, B. R., & Ismara, I. (2019). Modernisasi Bengkel Laboratorium Kejuruan Abad 21. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Godam (2015), Arti definisi budaya kerja. http://www.organisasi.org/1970/01/arti-definisi-pengertian-budaya-kerja-dan-tujuan-manfaat-penerapannya-pada-lingkungan-sekitar.html
Hadi, Sutrsno. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta : Andi.
Hartanto, S., Lubis, S., & Rizal, F (2017). Need And Analysis Of Soft Skills For Students Of The Mechanical Engineering Department Of Vocational High School. International Journal of GEOMATE, Februari 2017, Vol. 12, Issue 30. Diperoleh Februari 2019, dari http://dx.doi.org/10.21660/2017.30.TVET017
Junaidi, A., & Suwito, D. (2017). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kelayakan Bengkel Terhadap Hasil Belajar Praktik Mesin Bubut Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan SMK PGRI 4 Surabaya. JPTM. Volume 05 Nomor 01 Tahun 2016, 115-122. Diperoleh Februari 2019.
Kompri. (2015). Motivasi pembelajaran: perspektif guru dan siswa. Bandung: Rosda.
Kuswana, W. R. (2017). Ergonomi dan K3. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Mujib ridwan. 2015, Pengertian Kerja Menurut Para Ahli. http://walangkopo99.blogspot.com/2015/05/pengertian-kerja-menurut-para-ahli.html
Ndraha, Talizinduhu. (2005). Teori Budaya Organisasi. Jakarta : PT Asdi Mahasatya
Nepal, B. (2018). Relationship Among School’s Infrastructure Facilities, Learning Environment And Student's Outcome. International Journal for Research in Social Science and Humanities Research. Diperoleh Februari 2019, dari https://www.researchgate.net/publication/326539338
Nugraha, H., & Ambiyar. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi Volume 18 Number 2, 2018. Diperoleh Februari 2019, dari invotek.ppj.unp.ac.id
Okafor, C. A., Maina, J. J., Stephen, H., & Ohambele, C. C.(2016). Impact of School Environments on Academic Performance: Feedback from Senior Secondary School Students. 21st Century Human Habitat: Issues, Sustainability and Development. Diakses Februari 2019, dari https://www.researchgate.net/publication/319505462
Rifma, Rusdinal, & Meizatri, R. (2018). Vocational high school culture. Journal of Educational and Learning Studies. Vol.1, No.1, 2018, pp. 23-28. Diperoleh Februari 2019, dari https://10.32698/0192
Sarjono, H., & Julianita, W. (2011). SPSS VS LISREL. Jakarta: Salemba Empat.
Sedarmayanty, H. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Mandar Maju
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta
Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta
Sutopo, Y., & Slamet, A. (2017). Statistika Inferensial. Yogyakarta: Andi
Suyanta, Darmono, Prianto, E., Brams, W. S., Marrwati, Wardoyo, S., &Kusni, S. (2018). Desain Pengembangan Fasilitas Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0. ¬Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers
Warsito. (2015), Antopologi Budaya. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Yunus, A. (2016). Pengaruh Sarana Prasarana Bengkel Las Dan Motivasi Belajar Praktik Terhadap Prestasi Peserta Didik Pada Praktik Kerja Las Dasar Di Smk Nasional Berbah Sleman Yogyakarta. Skripsi. UNY, Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.