SUNTINGAN TEKS DAN KAJIAN ISI NASKAH KITAB TA’BĪR

Silmi Nur Alfiah

Sari

Naskah Kitab Ta’bīr yang menjadi objek penelitian ini termasuk kelompok dalam sastra kitab.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka dan teknik lapangan. Teknik analisis data menggunakan metode suntingan teks dan pengkajian teks. Metode suntingan teks menggunakan metode landasan. Metode pengkajian teks menggunakan metode analisis struktur berdasarkan kaidah sastra kitab dan metode analisis isi berdasarkan isi dan fungsi ta‘bir atau ramalan. Kitab Ta’bīr berisi ramalan dan dianalisis menggunakan struktur sastra kitab yang terdiri atas pendahuluan, isi, dan penutup. Analisis isi teks Kitab Ta’bīr menjelaskan fungsi tafsir mimpi, gerhana, dan gempa, cara mengambil ijazah dan mengamalkannya. Analisis fungsi secara umum bukan suatu kitab yang dipelajari sebagai ilmu pengetahuan, melainkan hanya keyakinan bagi sebagian orang dan fungsi khusus dilihat dari rohani pada diri pribadi tiap individu dengan beribadah lebih baik.

Kata kunci: sastra kitab, Kitab Ta’bīr, Islam, fungsi ramalan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anonim. (n.d.). Transliterasi Kitab Ta’bir. Retrieved from https://digitalcollections.universiteitleiden.nl/view/item/2033367#page/1/mo de/1up.

Baried, S. B. (1985). Pengantar Filologi. Jakarta: CV Sandang Mas.

Djamaris, E. (1984). Menggali Khazanah Sastra Melayu Klasik. Jakarta: Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah.

Djamaris, E. (2002). Metode Penelitian Filologi. Jakarta: CV Manasco.

Ekadjati, E. S. (2000). Direktori Edisi Naskah Nusantara. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Fang, L. Y. (2011). Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Herdyansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Herdyansah, H. (2019). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial: Perspektif Konvensional dan Kontemporer. Jakarta: Salemba Humanika.

Istianti, K. Z. Modul Etimologi Istilah Filologi.

Jayusman. (2009). Wacana Takwim Urfi dalam Penanggalan Islam. Jurnal Hukum Islam, 7(2), 18–30.

Permadi, T. (2012). Cara Kerja Suntingan Teks yang Disajikan J . J . Rass dalam Mengedisi Naskah “Hikayat Banjar”. Upi Edu, 1–38.

Sodik, A. & Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sungkowati, Y. (2011). Resepsi Pembaca terhadap Tjerita Njai Dasima. Metasastra, 4(2), 195—207.

Suryani, L. & Nurizzati, N. (2019). Alih Aksara dan Alih Bahasa Teks Tasawuf danTa‘bir Gempa. Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(3), 371-383.

Wahyuni, I. (2018). Menguak Mitos Tahun Duda dari Catatan Pernikahan Perspektif Hukum Islam di Kabupaten Pati. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 5(1), 139-165.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.