ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK NOVEL LAMPUKI (2011) KARYA ARAFAT NUR

Fajar Puji Charisma, Rianna Wati

Sari

Artikel ini membahas mengenai analisis strukturalisme genetik novel Lampuki karya Arafat Nur. Penelitian ini menggunakan teori Lucien Goldmann. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana struktur teks dan subjek kolektif dalam novel Lampuki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur teks dan subjek kolektif novel Lampuki karya Arafat Nur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan fokus analisis isi dan naratif dalam novel. Struktur teks dalam novel Lampuki mengkritisi kehidupan sosial masyarakat Aceh masa pascakonflik. Struktur teks memperlihatkan oposisi biner antara kelompok humanisme dan kelompok militerisme. Sebagai seorang wartawan, pengajar, dan sastrawan yang lahir dan besar di Aceh, Arafat Nur merepresentasikan subjek kolektif kelompok intelektual. Arafat Nur mewakili kelompok humanisme memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan.

Kata kunci: strukturalisme genentik, Lampuki, Arafat Nur

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abdulsyani. (2002). Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Abidin, Z. (2000). Filsafat Manusia: Memahami Manusia Melalui Filsafat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Al-Chaidar. (1998). Aceh Bersimbah Darah: Pengungkapan Penerapan Status Daerah Operasi Militer (DOM) Di Aceh 1989-1998. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Anwar, A. (2010). Teori Sosial Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Faruk. (2012). Pengantar Sosiologi Sastra Dari Strukturalisme Genetik Sampai Post- Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Goldmann, L. (1981). Method in the Sociology of Literature. England: Basil Blackwell.

Nur, Arafat. 2019. Lampuki. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pradopo, R. D. (2001). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Yogyakarta Hanindita Graha Widya.

Primantari, Y. (2016). Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Kajian Strukturalisme Genetik. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Putro, B. D. (2000). Peranan Ellite Intelektual Dalam Dinamika Masyarakat Antara Harapan dan Kenyataan. Humaniora, 12(2), 161-169.

Samalanga, J. 2011. Arafat Nur, Penulis Aceh Penuh Kejutan. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/joenyawoung/5500c4fea333117f73511dc2/arafat-nur-penulis-aceh-penuh-kejutan. (Diakses pada tanggal 27 Desember 2021 pukul 19.35).

Sulistianawati. (2020). “Pribumi Subaltern Dalam Novel Lampuki Karya Arafat Nur (Kajian Poskolonial Gayatri C. Spivak). Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 13(2), 155–67.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.