BENTUK DAN PEMAKAIAN KOSAKATA SLANG DALAM KOMUNITAS SBYFESS PADA AKUN TWITTER @SBYFESS: SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Fitri Icha Masdita, F.X. Sawardi

Sari

Media komunikasi masyarakat tutur tidak hanya dilakukan secara langsung, namun juga melalui media elektronik. Hal ini dapat dilihat dari media sosial yaitu Twitter @sbyfess yang menampilkan bahasa slang khas Surabaya. Pada umumnya masyarakat menggunakan ragam santai dan akrab dalam proses komunikasinya, terlebih pada kelompok masyarakat yang sudah mengenal satu sama lain . Kedua ragam ini dianggap lebih mudah dipahami satu sama lain untuk berkomunikasi. Salah satu fenomena ragam santai dan akrab yaitu slang. Fenomena bahasa slang termasuk dalam bentuk variasi bahasa dan adanya variasi bahasa tersebut dapat dikaji dengan kajian sosiolinguistik. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kosakata slang dan pola pembentukan kosakata slang di akun Twitter @sbyfess. Data dalam penelitian ini berupa kalimat yang mengandung kosakata slang. Metode penyediaan data menggunakan metode simak dengan teknik catat. Metode analisis data menggunakan metode agih dengan teknik bagi unsur langsung (BUL). Hasil penelitian menunjukkan (1)  jenis kosakata slang berdasarkan bahasa asal dan kata asalnya, (2) pola pembentukan kosakata slang berdasarkan proses morfologi yaitu abreviasi, kosakata slang berupa kata baru dan plesetan.

Kata kunci: sosiolinguistik, variasi bahasa, slang

 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Alwasilah, A. C. (1993). Pengantar Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa

Alwasilah, C., dkk. (1985). Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, A. (1994). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. dan Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Khoirurrohman, T. dan Rohmad, A. (2020). “Analisis Pemakaian Variasi Bahasa Slang pada Remaja Desa Kalinusu: Kajian Sosiolinguistik”. Jurnal Semantika, 1(2), 1-11.

Kridalaksana, H. (1987). Sintaksis. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Maharani, Shoula. (2017). Bentuk dan Pemakaian Slang pada Media Sosial LINE (Akun Batavia Undip). Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Semarang: Progam Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro

Mardalis. (2003). Metode Penelitian ; Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, J. L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.

Moleong, J. L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Setiawan, N. (2015). Pembentukan Kosakata Slang dalam Komunitas Jkboss pada Akun Twitter @jakartakeras. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogjakarta.

Setyanto, A. (2016). Osob Ngalaman (Bahasa Slang Asal Malang) Sebagai Salah Satu I-Con Malang (Studi Struktur Osob Ngalaman, dalam Sosial Network). Jurnal Pesona, 1(1), 1-24.

Sibarani, R. (2004). Antropolinguistik. Medan: Poda.

Sudaryanto. (1988). Metode Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sudaryanto. (1993). Metode Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.